MA Al Mizan Semarakkan Tahun Baru Islam

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Tahun baru Islam, juga dikenal sebagai Hari Raya Hijriyah adalah perayaan yang penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Ini adalah awal tahun dalam kalender Hijriyah, yang digunakan oleh umat Islam untuk menentukan tanggal-tanggal penting. Umat Islam merayakan tahun baru Islam dengan berbagai cara. Beberapa diantaranya termasuk melaksanakan salat khusus (seperti salat Istikharah), membaca Al-Quran, memperbanyak dzikir dan doa, serta menghadiri ceramah dan pengajian yang berkaitan dengan hijrah dan peristiwa-peristiwa sejarah Islam.

Tak ketinggalan pula Madrasah Aliyah Al Mizan Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang ikut andil dalam penyambutan tahun baru Islam 1445 H dengan  berdoa, dzikir, dan ikut serta pawai yang diselenggarakan oleh Nahdatul Ulama setempat. MA Al Mizan berbaur dengan masyarakat dalam pawai (karnaval) taaruf menyambut tahun baru Hijriyah yang digelar di MA Al Mizan, Selasa (20/7/2023) malam.

Pawai dilakukan dengan berkeliling bersama mayarakat dan organisasi keagamaan di lingkungan sekitar dengan mengadakan pawai obor kebersamaan. Acara yang bertemakan “dengan semarak tahun baru Hijriyah, kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan, kita kuatkan rasa toleransi dan kecintaan budaya” ini mengundang antusiasme yang tinggi dari seluruh siswa, guru, dan masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini selain bertujuan untuk mempererat hubungan sosial dengan masyarakat serta pemerintah setempat, juga memberikan wawasan bagi siswa dalam menentukan tema kegiatan P5PPRA pada kurikulum merdeka. Acara tersebut berhasil menciptakan atmosfer kebersamaan yang penuh keceriaan dan keakraban dengan balutan pawai budaya Islam. Hal ini untuk mengajarkan kecintaan terhadap budaya, kecintaan kebersamaan, dan kegotong-royongan,” kata Kepala MA Al Mizan, Jazuli.

Ia menambahkan, dari segi psikologis para siswa mendapatkan kebahagian tersendiri dalam melakukan kegiatan pawai taaruf tahun baru Hijriyah ini. Hal ini juga sebagai bagian upaya memberikan kenyamanan psikis peserta didik, agar memiliki wahana dalam relaksasi mental, agar tidak tegang dan siap memulai tahun ajaran baru dengan semangat baru.

Tahun baru Islam memiliki makna penting bagi umat Islam. Tahun baru Islam adalah kesempatan untuk merenungkan tahun yang telah berlalu dan menetapkan tujuan dan niat baik untuk tahun yang akan datang. Tahun Baru Islam juga memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam, seperti hijrah (migrasi) Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 M. (havid/fi/rf)