Pentingnya Moderasi Beragama Bagi Guru dan Warga Sekolah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Muhtasit memberikan pembinaan kepada guru Pendidikan Agama Katolik di Wisma KSED Bandungan, Selasa (11/6/2023) siang.

Dalam sambutannya, Muhtasit menyampaikan bahwa selaku guru pendidikan agama, kita dituntut untuk menjadi baik karena seluruh ajaran agama sejatinya hanya mengajarkan hal-hal yang baik.

“Bahwa menjadi guru agama, kita harus bisa memberikan hal terbaik untuk anak didik kita. Bukan tanpa sebab, karena setiap kebaikan akan mendapatkan balasan 100 kali lipat,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Muhtasit juga menyampaikan pentingnya moderasi beragama bagi seluruh elemen sekolah. Sekolah sebagai tempat berkumpulnya generasi penerus harus memainkan peran penting sebagai agen perubahan positif dalam membangun toleransi dan pengertian di antara siswa.

“Ada empat indikator moderasi beragama yang perlu panjenengan pegang teguh dan panjenengan sampaikan kepada anak didik mulai dari komitmen kebangsaan, anti kekerasan, toleransi dan menghargai tradisi, yang kesemuanya bisa diintegrasikan sesuai kurikulum di sekolah masing-masing,” lanjutnya.

Selain Kepala Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, satu lagi narasumber yang juga turut mengisi pembinaan yakni pembimas Katolik Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.(shl/Sua)