Tes Pemetaan Kelas Bagi Calon Peserta Didik Baru MTsN 2 Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – MTsN 2 Temanggung melaksanakan tes pemetaan kelas dan Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) bagi calon peserta didik baru Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2023/2023. Tes dilaksanakan di ruang kelas MTsN 2 Temanggung, Sabtu (27/5).

Menurut Ketua panitia, Untung Hidayat kegiatan ini sebagai langkah awal dalam menempatkan kelas sesuai dengan kelas minat siswa.

“Tes ini juga sebagai pemetaan awal siswa dalam menentukan kelas, baik kelas sains berbasis digital, kelas tahfidz dan kelas reguler,” ujarnya.

Tes berlangsung dalam 1 hari yang diikuti oleh seluruh calon siswa baru sejumlah 276 siswa. Dengan materi tes pemetaan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan soal berjumlah 100 soal selama 120 menit. Setelah itu diberikan waktu istirahat selama 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan tes baca tulis Al Qur’an dengan metode sorogan (maju satu persatu).

Menurut Waka kurikulum, Khusnaeni Fauzi tes baca tulis Al Qur’an bermaksud untuk menjaring para siswa yang sudah hafal juz 30 atau lebih untuk dimasukkan ke dalam kelas tahfidz. Selain itu, untuk mengetahui seberapa banyak calon siswa yang belum bisa membaca Al Qur’an.

“Bagi calon siswa yang belum lancar, maka akan mendapatkan bimbingan khusus membaca Al Qur’an setelah jam pelajaran selesai oleh guru MTsN 2 Temanggung,” ungkapnya.

Semoga dengan adanya tes pemetaan kelas dan BTQ ini, dapat memberikan gambaran para calon siswa baru. Dengan tujuan untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi dan pengayaan bagi siswa baru. Kegiatan PPDB akan dilanjutkan dengan pertemuan pada tanggal 12 Juni 2023 untuk persiapan masa ta’aruf siswa madrasah (Matsama). (am/rf)