Bimtek Peningkatan Mutu Layanan KUA Berbasis IT Sebagai Ikhtiar Meningkatkan Layanan Publik

Kudus – Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat, Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan mutu layanan KUA bertempat di Hotel @ Home Kudus (5/5/2021).

Hadir Kabid Urais Kanwil Provinsi Jawa Tengah, Moh. Arifin menyampaikan Bintek peningkatan mutu layanan KUA yang berbasis IT ini sebagai upaya dalam peningkatatan peran, kinerja dan layanan terhadap masyarakat.

“Semua kegiatan pelayanan di semua sektor Kantor KUA harus sesuai dengan SOP sebagaimana yang telah diamanatkan dalam PMA nomor 1 tahun 2008 sehingga pelayanan yang diberikan dapat terukur dan ada kepastian hukumnya.”ungkapnya.

Beliau berharap agar ASN di KUA  dapat memberdayakan fungsi Simkah Web karena ini dapat menjawab kebutuhan pelayanan masyarakat yang lebih baik. Ada empat langkah yang dapat memperkokoh fungsi Simkah Web yaitu dengan rasa kolaborasi, mampu menghadirkan kondisi terbaik dibidangnya masing-masing, semangat kerjasama dan membangun relasi.

“Memulainya dengan berbenah diri dalam menyelesaikan pekerjaan , maka kita akan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.” Pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Bimtek, Afif Nor dalam laporanya menjelaskan jumlah peserta sebanyak 18 peserta yang terdiri dari unsur penghulu dan Operator SIMKAH dari  9 KUA Kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus ini bertujuan untuk memotivasi dalam peningkatan kinerja di KUA Kecamatan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Di akhir acara diisi dengan bimbingan teknik peningkatan mutu layanan KUA yang disampaikan oleh Operator Simkah Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Ari Wibowo. (St.Zul/wwk/bd).