Brebes Akan Memiliki Rumah Sehat BAZNAS

Brebes – Pada hari Kamis, (25/5), Bupati Brebes, Idza Priyanti, SE , MH bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Brebes, Drs. Fajarin, M.Pd.I menerima kunjungan Direktur Rumah Sehat Badan Amil Zakat Nasional (RSB) Pusat Jakarta, dr Reza Ramadhan dan Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, KH. Dr Ahmad Darodji, di Pendopo Brebes.

Rumah Sehat BAZNAS merupakan suatu program yang mewakili BAZNAS dalam pelayanan kesehatan secara terpadu kepada seluruh mustahik termasuk pelayanan kesehatan di daerah bencana yang meliputi aspek kuratif, preventif, rehabilitatif, promotif dan advokatif serta mengikuti peraturan dan perundang-Undangan kesehatan di Republik Indonesia.

“Maksud dan tujuan tim BAZNAS yaitu sebagai rencana pembuatan Rumah Sehat BAZNAS di Kab. Brebes. Nantinya RSB ini akan memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat Kab. Brebes, khususnya bagi mereka yang kurang mampu. Atas rencana tersebut, Pemkab Brebes akan menyediakan lahan guna pembangunan RSB seluas kurang lebih 4.000 meter persegi yang berada di area kompleks Islamic Center,” tutur Bupati Brebes saat menerima kunjungan tersebut.

Selain Bupati Brebes dan Kakemenag Kab. Brebes, turut hadir pula Sekda Brebes, Ir. Djoko Gunawan MT, Ketua Baznas Brebes, Abdul Haris, S.Ag, Kepala Bagian Kesra Setda Brebes, Ahmad Ma’mun, serta beberapa OPD terkait lainya.

“RSB yang akan dibangun di Brebes bentuknya adalah Klinik Pratama atau Utama seperti yang sudah dibangun di sembilan daerah lain seperti Sidoarjo, Pangkalpinang, Makasar, Kota Palu, Berau dan Jakarta,” papar Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji.

“Kami (Kemenag Kab Brebes) memberikan apresiasi dan dukungan atas rencana pembangunan RSB, semoga pembangunan dapat terealisas dan pemanfaatanya dapat dirasakan oleh masyarakat Brebes dan pemberdayaannya bagi aspek ekonomi, pendidikan ataupun persoalan seperti pengentasan kemiskinan, stunting, tanggap bencana. Harapannya dapat merubah dan meningkatnkan kesejahteraan masyarakat Brebes dari Muzzaki ke mustahiq,” tutur Fajarin.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan survey lokasi pembangunan RSB di area kompleks Islamic Center. Lokasi pembangunan nantinya dekat dengan perkantoran Pemda terpadu yang sedang dibangun.(DA/Sua)