Calon Peserta Pergamanas II Purbalingga Ikuti Seleksi

Purbalingga – Setelah sukses pada tahun 2018 Perkemahan Pramuka Penggalang Ma’arif NU Nasional (Pergamanas) II Tahun 2019 akan digelar Selasa-Sabtu (19-23/2/2019) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Menghadapi ajang tahunan tersebut PC Ma'arif NU Kabupaten Purbalingga menggelar Seleksi Peserta Pergamanas ke-2 tahun 2019 di gedung PC Ma'arif NU Kabupaten Purbalingga, Rabu (26/12/2018). Ketua panitia, Torik Jahidin menjelaskan tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini diikuti 48 peserta perwakilan dari 24 MTs Ma'arif se- Kabupaten Purbalingga. Tujuannya untuk membentuk regu penggalang putra dan putri yang akan mewakili PC Ma'arif Purbalingga dalam kegiatan Pergamanas ke-2  yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta,” jelas Torik.

Kepada para peserta Torik berpesan agar berlatih dan berjuang semaksimal mungkin untuk meraih sebanyak mungkin kejuaraan yang dilombakan.

“Bagi peserta yang nantinya terpilih hendaknya berlatih yang rajin dan memperdalam ketrampilan kepramukaan serta pengetahuannya. Karena dalam Pergamanas tahun lalu Jateng menjadi juara umum dan Purbalingga mendapat juara 1 bidang seni,” harapnya.

Toriq juga berharap, para peserta terpilih bisa berkontribusi mendukung kontingen Jawa Tengah  dalam mempertahankan prestasinya sebagai Juara Umum. Sekaligus dalam rangka mengibarkan nama baik Purbalingga di tingkat nasional.

Seleksi Ketat

Materi seleksi diberikan kepada para peserta secara tertulis, praktek dan wawancara. Materi seleksi terdiri dari Pengetahuan Kepramukaan dan Teknik Kepramukaan. Kondisi kesehatan calon peserta juga dicek oleh tim kesehatan.

Tim seleksi terdiri dari unsur Sako Ma'arif Purbalingga yang personilnya berasal dari Kwarcab Purbalingga dan tim kesehatan dari Puskesmas Bobotsari.

Dari hasil seleksi Regu Putra terpilih perwakilan dari MTs Ma'arif NU Tamansari, MTs Yinuba Beji, MTs Ma'arif NU Panican, MTs Ma’arif NU Krenceng, MTs Ma’arif NU Kutawis, MTs Ma’arif NU Gondang, MTs Ma’arif NU Al Hikmah dan MTs Ma’arif NU Jingkang.

Sedangkan untuk Regu putri,  terpilih perwakilan dari MTs Ma'arif NU Tamansari, MTs Ma’arif NU Kertanegara, MTs Ma’arif NU Panican, MTs Ma’arif NU Majasari, MTs Ma’arif NU Siwarak, MTs Ma’arif NU Arenan, Mts Ma’arif NU Al Mujahadah dan MTs Ma’arif NU  Jingkang. (dwi-sar/gt)