Cegah Kesalahan dan Akurasi Data, Kemenag Terapkan E-Planning

Wonogiri – E-Planning merupakan aplikasi perencanaan berbasis online. Data tersebut dilakukan penginputan seluruh kebutuhan usulan. E-planning merupakan langkah awal untuk mengerjakan Rencana Kerja & Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL). Setelah input akan diverifikasi Perencana Kemenag, seluruh data dimasukkan berdasarkan data pendukung secara faktual.

E-Planning bertujuan untuk menggali potensi Satker dengan disertai data pendukung sehingga asumsi anggaran yang dibutuhkan untuk tahun mendatang bisa diketahui dengan pasti. Selain itu E-Planning berfungsi untuk mendata semua komponen dan kebutuhan Satker di Madrasah.

Demikian di sampaikan Kasubbag TU Kankemenag Kab. Wonogiri, Hj. Fatonah pada acara Sosialisasi  bagi Satker di lingkungan Kankemenag Wonogiri Tahun 2017 di Ruang Rapat Kankemenag,  Senin (17/07) yang ikuti oleh pelaksana perencana di setiap Satker Kemenag Wonogiri.

Menurut Kasubbag TU sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, kita dituntut untuk bekerja sesuai dengan perkembangan teknologi tersebut, dimana sistem dan aplikasi yang kita pergunakan memakai pola singkat padat dan akurat serta data yang kita sampaikan dapat di akses dengan mudah dan dapat dipertanggungjawabkan dengan sempurna.

Penyusunan anggaran bukan lagi manual, dimana sering terjadi kesalahan, akan tetapi sekarang Perencanaan anggaran berbasis online, untuk meminimalisir kesalahan tersebut, kesalahan akan terjadi kalau admin atau operator tidak menginput data yang benar

“Semua Satker wajib mengisi E-planning karena akan berdampak pada penentuan pagu dalam penyusunan RKA-KL 2018 walau dalam asumsinya, E-planning tidak sama dengan RKA-KL namun dalam pengerjaannya RKA-KL harus melakukan pengisian melalui E-Planning,” ungkapnya.

Adapun sosialisasi E-Planing di sampaikan dan di pandu oleh Perencana Kankemenag Wonogiri, H. Slamet Widodo yang di lanjutkan langsung praktek pada sistem aplikasi.

Menurut H. Slamet Widodo secara umum  E-planning bertujuan untuk menggali potensi Satker Kankemenag Wonogiri dengan disertai data pendukung sehingga asumsi anggaran yang dibutuhkan untuk tahun mendatang bisa diketahui dengan pasti. Selain itu E-Planning berfungsi Untuk mendata semua komponen dan kebutuhan satker.

Kedepan semua satker wajib mengisi E-planning karena akan berdampak pada penentuan pagu dalam penyusunan RKA-KL 2018 walau dalam asumsinya. (Mursyid_Heri/wul)