Dari Santri Untuk Negeri, Bersatu Melawan Pandemi

Temanggung – Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Quran (Badko LPQ) Kabupaten Temanggung belum lama ini menggelar peringatan tahun baru hijrah 1443 H dengan serangkaian acara. Disampaikan oleh Ketua Badko LPQ Kabupaten Temanggung, Nur Budi Handayani bahwa tahun baru hijrah merupakan  momen yang tepat bagi setiap muslim untuk melakukan syiar. Untuk itu meski dibatasi oleh kondisi pandemi, Badko LPQ Kabupaten Temanggung tetap mengagendakan kegiatan peringatan yang terangkum dalam kegiatan gebyar Muharram.

Gebyar Muharram 1443 ini bertema “Dari Santri Untuk Negeri, bersatu melawan Pandemi.” Khotmil Quran 1000 kali merupakan agenda utama perayaan Gebyar Muharram, selain lomba video inovasi mengajar ustadz / ustadzah TPQ dan lomba video dai kecil untuk santri TPQ. Dijelaskan Nur Budi Handayani, khotmil Quran merupakan upaya melangitkan doa agar pandemi segera berlalu, dan lombaa video adalah upaya mendorong kreatifitas santri dan ustadz TPQ di masa pandemi. ‘’ Alhamdulillah sampai puncak gebyar digelar, sudah terlaksana 1021 khataman,’’ tambah Nur Budi Handayani.

Selain puncak Khotmil, dalam peringatan Gebyar Muharram tingkat kabupaten yang dilaksanakan dengan peserta terbatas dan mematuhi protokol kesehatan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dilaksanakan juga penyerahan tropi dan uang pembinaan bagi  peserta lomba.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir. Dalam sambutannya kepala kantor menyampaikan motivasi agar pegiat TPQ terus berinovasi menggunakan teknologi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar TPQ. Kankemenag juga berpesan agar pegiat TPQ tidak lelah untuk membangun generasi qurani, meski dukungan sarpras dari pemerintah masih terbatas. Tropi, piagam dan uang pembinaan untuk lomba video da’i kecil diberikan kepada Juara I dari Badko LPQ Kecamatan Kranggan, Juara 2 dari Badko LPQ Kecamatan Kaloran dan Juara 3 dari Badko LPQ Kecamatan Ngadirejo. Sementara Juara I untuk Lomba Inovasi mengajar diraih Badko LPQ Kecamatan Bejen, Juara 2 diraih Badko LPQ Kecamatan Kedu dan Juara 3  utusan Badko LPQ Kecamatan Tlogomulyo. (yn/bd)