Kakankemenag Kabupaten Semarang Buka PDWK Wasbang Bagi ASN

Ungaran – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan Semarang menyelenggarakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) Wawasan Kebangsaan Bagi ASN di Aula setempat, Senin-Sabtu, 24-29 Mei 2021.

Kakankemenag Kab. Semarang, Nurudin saat membuka kegiatan, Senin (24/5) menyampaikan bahwa sebagai bangsa yang plural, Indonesia setidaknya memiliki tiga momentum sejarah yang saling erat dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain yakni Kebangkitan Nasional tahun 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1945. Dengan momentum penting tersebut, sudah seharusnya semangat kebangsaan dan nasionalisme harus terus kita tanamkan dalam hati dan sanubari sebagai wujud syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah kita raih.

“Bemacam-macam suku, ras, agama dan bahasa selayaknya hal itu tidak menjadi hambatan dan kendala dalam menanamkan semangat kebangsaan Indonesia yang memang plural adanya,” terang Nurudin.

Menurut Nurudin, wawasan kebangsaan dan nasionalitas sangat penting bagi generasi muda juga bagi ASN selaku abdi negara karena dengan nasionalitas tersebut, identitas bangsa kita tidak akan pernah tergadai dengan apapun, selain sebagai wujud kepribadian yang ber “Bhineka Tungal Ika”.

“ASN juga perlu memperoleh diklat wawasan kebangsaan semacam ini dengan harapan agar kita semakin menahami berbagai kesatuan sejarah, kesatuan nasib, kesatuan kebudayaan sebagai tonggak awal kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia yang majemuk,” pungkasnya.(shl/Sua)