Dialog Membangun Narasi Moderat Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

Klaten(Umas)-Kanwil Kementerian Agama Prov Jateng  melalui Bimas Hindu menyelenggarakan Dialog Tokoh Agama Cendekiawan , Dan Tokoh Masyarakat Provinsi Jateng Tahun 2021dengan tema “Penguatan Moderasi Beragama dalam memuliakan candi Prambanan” di Kawasan Candi Prambanan,Sleman  Senin (14/06).

Dialog dibuka langsung oleh Kakanwil Prov Jateng Musta’in Ahmad menghadirkan Dirjen Bimas Hindu, Staff Khusus Menag, Aparat TNI, Aparat Kepolisian, direktur candi Prambanan, Pembimas Hindu,Kankemenag Kab Klaten dan segenap panitia, Tokoh Agama serta  Masyarakat Sekitar.

Dalam membuka acara Kakanwil Musta’in Ahmad  menyampaikan  ucapan  selamat datang atas kehadiran Dirjen Bimas Hindu, beliau memberikan apresiasi   atas diselenggarakannya  kegiatan Dialog ini.

“Kita semua khususnya jajaran Kanwil Kementerian Agama untuk terus berupaya memberikan pelayanan  baik terus lebih baik sesuai dengan arah yang dituju  semangat Majeng,”  kata Musta’in.

Sejalan dengan arah dan tujuan diadakan Dialog  ini   lanjut Musta’in membangun narasi moderat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dalam menyikapi peninggalan mahakarya sejarah.

“Tanpa moderasi agama yang baik, seluruh kegiatan pembangunan yang dilaksanakan, bisa menjadi sia-sia. Kita ingin berdialog agar bersama-sama menyebarkan sikap moderasi ini.

Bahwa dimasa dulu, jelas Musta’in  toleransi dan hidup rukun antar umat beragama sudah menjadi keseharian bangsa Indonesia.

“Ini mengajarkan kepada kita semua bahwa toleransi dan hidup rukun berdampingan antarumat beragama sudah dipraktikkan sejak dulu.Bhineka Tunggal Ika merupakan DNA bangsa Indonesia,” jelasnya.

Musta’in berharap dengan dilaksanakannya  dialog ini , mudah- mudahan apa yang menjadi harapan kita sesuai yang kita inginkan  dan kita harapkan.

Sebelum dialog dimulai dilakukan pemotongan tumpeng dalam Rangka HUT Purbakala Ke-108 di Museum Prambanan.(rf/ps)