Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Lakukan Monev Pembangunan Gedung PLHUT Wonogiri

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Lakukan Monev Pembangunan Gedung PLHUT

Wonogiri – Realisasi pelaksanaan pembangunan gedung PLHUT (Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu) Kantor Kemenag Kabupaten Wonogiri dipantau atau dimonev oleh Tim Dirjend PHU (Penyelenggara Haji dan Umroh) Kementerian Agama RI, Sabtu, (04/9).

Dalam kesempatan tersebut Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis, di dampingi Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad Kabid PHU Kemenag Jateng, H. Ahyani beserta rombongan, sedangkan dari kankemenag Wonogiri hadir Ka. Kankemenag H. Cahyo Sukmana, Kasubbag TU H. Hariyadi, Kasi PHU H. Wahid Arbani, PPK Taufiq Widodo serta pelaksana pekerjaan dan konsultan pengawas.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis menyampaikan apresiasi atas progres pembangunan PLHUT Kankemenag Wonogiri, mengatakan gedung PLHUT akan dijadikan ikon, pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) terus digelontorkan Kementerian Agama melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Gedung yang dibiayai dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tersebut dibeberapa lokasi sudah dapat melayani masyarakat yang ingin mendaftar haji reguler maupun hanya sekedar mencari informasi penyelenggaraan haji dan umrah.

Ide Pembangunan gedung PLHUT muncul ketika melihat kantor layanan haji di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota terlihat kurang baik dan berantakan karena tumpukan berkas-berkas pendaftar haji.

“Dengan berbagai pertimbangan, PLHUT (Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu) dibangun untuk peningkatan pelayanan satu atap bagi jemaah haji dan umrah di daerah,” ungkap Muhajirin Yanis.

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, H. Cahyo Sukmana dalam laporannya bahwa gedung PLHUT ini realisasi pelaksanaan pembangunannya telah mencapai 70 % dan akan selesai sesuai batas rencana, yakni 150 hari kerja. Hal persediaan material, kondisi alam, dan pekerja cukup menjadi kriteria riil bahwa gedung PLHUT ini akan selesai sesuai target dan rencana. Dan bila terjadi kendala dalam proses, kita sudah siap mengatisipasinya.

Gedung PLHUT yang nantinya akan ditempati oleh JFU berikut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, juga disediakan 4 ruangan untuk 4 Bank Penerima Setoran Haji, kata Pejabat Pembuat Komitmen Barjas Taufiq Widodo. (mursyid/Sua)