Dirjen Haji tinjau kesiapan penyelenggaraan haji Kota Surakarta

Surakarta – Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag RI Abdul Djamil didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Noor Badi (9/7) meninjau kesiapan penyelenggaraan Haji tahun 1436H/2015M dan memastikan jamaah haji Kota Surakarta dapat terlayani dengan baik.

Tujuan kedatangan kami ingin mengecek persiapan Pemerintah Kota dan Kemenag Kota Surakarta dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sekaligus memastikan sekitar 355 calon jemaah haji bisa terlayani dengan baik persiapan meliputi paspor, koper, buku manasik dan persiapan kegiatan manasik tingkat kecamatan dan kota.

Dijelaskan Kasi PHU Kemenag Kota Surakarta Rosyid Ali Safitri bahwa berbagai persiapan sudah dilakukan PHU Kota Surakarta dalam penyelenggaraan Haji 1436 H/2015 M, mulai dari melakukan sosialisasi kebijakan Penyelenggaraan Haji melalui RRI Surakarta, diawali Pembukaan Manasik Pemerintah Kota Surakarta serentak akan dilaksanakan terlebih dahulu tanggal 4 Agustus 2015, kemudian Manasik di tiap KUA kecamatan masing-masing dilaksanakan tanggal 5 – 8 Agustus 2015, sedangkan untuk Manasik Kota dilaksanakan mulai tanggal 11 – 12 Agustus 2015 di Hotel Dana, sedangkan Pembinaan Ketua Regu Ketua Rombongan dilaksanakan di Aula Kankemenag Kota Surakarta pada tanggal 13 – 15 Agustus 2015.

Abdul Djamil menanyakan tentang kebijakan penyelenggaraan Haji 2015 di Kota Surakarta terutama Jamaah cadangan dan kebijakan pembimbing jamaah dan kinerja KBIH. Penyelenggaraan Haji Kota Surakarta bahwa masyarakat terutama jamaah cadangan memahami akan kebijakan, serta pembimbing dari KBIH juga memahami dan mematuhi serta mengikuti dari kebijakan yang ada dari kelompok bimbingan di Kota Surakarta bahkan dalam melakukan bimbingan di tanah air sampai embarkasi untuk selanjutnya diserahkan petugas kloter .

Dirjen PHU juga memberikan apresiasi kepada KBIH Kota Surakarta yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam melakukan bimbingan kepada jamaah calon haji terutama dalam praktek manasik. Dan Menyambut baik kerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta karena kegiatan mulai dari pemberangkatan sampai pemulangan memfasilitasi dalam proses penyelenggaraan Haji di Kota Surakarta. (Rahma)