Dosen Fisika Dasar UGM Paparkan Hasil Riset di MAN 1 Surakarta

Surakarta – Tim Laboratorium Fisika Dasar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengadakan kunjungan ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta dalam rangka kegiatan road show pengabdian masyarakat, Sabtu (28/4).

Rombongan sebanyak 10 orang dipimpin oleh Yosef Robertus Utomo, selaku kepala Laboratorium Fisika Dasar UGM. Kegiatan ini bertajuk “Orientasi Diseminasi Hasil Riset Dosen Laboratorium Fisika Dasar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta”. Menurut Kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiyono, sangat berbahagia dengan kegiatan ini. Sebab MAN 1 Surakarta telah menjadi tempat pemaparan hasil riset dosen laboratorium Fisika Dasar UGM.

“Hal ini merupakan sinergitas antara lembaga madrasah dan perguruan tinggi yang patut dilestarikan dan dikembangkan di waktu akan datang, sehingga membawa kemanfaatan bagi madrasah pada umumnya dan MAN 1 Surakarta pada khususnya,” kata Slamet Budiyono.

Sementara itu menurut Yosef Robertus Utomo, kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat UGM. Yakni dosen yang telah mengadakan riset wajib menyampaikan hasil risetnya kepada masyarakat.

 “Kesempatan kali ini kami mengadakan diseminasi hasil riset di MAN 1 Surakarta yang telah menjalin kerjasama dengan Laboratorium Fisika Dasar UGM. Kami berharap hasil riset dosen-dosen kami bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat diaplikasikan,” kata Yosef.

Dalam kesempatan ini tampil empat dosen yang mempresentasikan hasil risetnya, antara lain Wagimin dengan materi “Sistem Elektromagnetik sebagai filter dan identifikasi keadaan dalam ruang”. Tampil sebagai pembicara kedua Ari Nugrahini dengan materi ” Polimer dan Kegunaannya untuk Lingkungan”, Bambang Murdoko Eka Jadi menyampaikan hasil riset berjudul “Nilai plus buku teks karya guru fisika”dan yang terakhir Eka Sulistya dengan materi “Akuisisi Data Praktikum Fisika dengan Arduino dan Microsoft Excell”.

Setelah presentasi diadakan sesi tanya jawab seputar hasil riset oleh guru dan siswa. Para penyaji yang rata-rata adalah doktor bidang fisika dasar sangat memuaskan dalam memberikan jawaban kepada peserta.

Kegiatan Orientasi Diseminasi Hasil Riset Dosen Laboratorium Fisika Dasar ini merupakan kelanjutan dari kegiatan praktikum siswa program Boarding School pada bulan Nopember 2017. Kegiatan praktikum di UGM merupakan salah satu kegiatan unggulan program Boarding School untuk menambah pengalaman dan pengetahuan siswa.

 “Kami sangat bangga bahwa MAN 1 Surakarta terpilih sebagai tempat seminar diseminasi dosen fisika dasar UGM. Tentu hal ini harus bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin dengan cara menyerap ilmu yang diberikan,” kata Slamet.

Slamet menambahkan, harapan dari kegiatan ini adalah adanya kerjasama lebih lanjut dengan Laboratorium Fisika Dasar UGM, terutama dalam pembimbingan siswa dalam hal olimpiade, robotic dan yang lain. Kegiatan ini ditutup dengan kunjungan ke laboratorium Fisika, Kimia, dan Biologi MAN 1 Surakarta. (rma/Wul)