Dukungan Keluarga

Semarang – Lingkungan Kementerian Agama dan masyarakat Indonesia, nama Durrotul Muqoffa sudah tidak asing. Gadis kalem kelahiran Rembang, 06 November 1997 ini telah berulang kali mendapatkan kejuaran di perhelatan MTQ maupun MHQ mulai dari tingkat Kabupaten hingga nasional.

Ofa, demikian akrab disapa, akhirnya mendapatkan kesempatan dan dipercaya oleh pemerintah Indonesia mengikuti Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) tingkat Internasional yang menurut jadwal akan digelar di Iran pada 19-27 April ini. Cabang lomba yang diikuti Ofa pun tak tanggung-tanggung, yaitu tahfidz Al-qur’an 30 juz.

Ofa yang saat ini tengah melanjutkan pendidikan di Universitas Wahid Hasyim Semarang, telah mempersiapkan diri sejak sebulan yang lalu. “Tepatnya pada tanggal 24 Februari yang lalu, saya ditunjuk oleh Menteri Agama mengikuti kegiatan MHQ ini,” kata Ofa.

Ofa mengaku tak ada persiapan khusus. Sebagaimana mengikuti lomba-lomba sebelumnya, muroja’ah merupakan persiapan yang paling sering dilakukan setiap hari.

Gadis yang terhitung masih sangat muda untuk menghafal Al-qur’an 30 juz ini mengaku mendapat dukungan sepenuhnya dari keluarga. Maklum, sedari kecil, saudara-saudaranya dididik oleh orang tuanya menjadi hafidz/hafidzoh.

Menjelang hari-hari pemberangkatan ini, kakaknya, Zumrotul Luthfiyyah dengan setia menemani Ofa dan memberikan dukungan penuh. Seperti halnya Ofa, Luthfiyyah juga telah berulang kali menorehkan prestasi pada ajang MTQ/MHQ hingga tingkat nasional.

Ofa memohon doa kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Rembang agar memperoleh hasil yang terbaik. “Karena yang saya hadapi adalah peserta-peserta lain dari berbagai negara,” ujarnya. — ss

 

Biodata :

Nama: Durrotul Muqoffa

Ttl: Rembang, 06 -11-1997

Pendidikan: Unwahas Semarang

Ayah: H.Sulaiman

Ibu: Hj. Mundasah

 

Daftar kejuaraan Durrotul Muqoffa tingkat nasional:

1. Juara 1 STQ di Kalimantan Selatan 2011 cabang 10 juz

2. Juara 3 MTQ di Ambon 2012 cabang 20 juz

3. Juara 3 STQ di Bangka Belitung 2013 cabang 20 juz

4. Juara 3 MTQ di Batam 2014 cabang 20 juz

5. Juara 1 MTQ di NTB 2016 cabang 20 juz