DWP Kemenag Kota Semarang Kunjungi Panti Wredha

Semarang – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Kota Semarang melakukan kunjungan ke Panti Wredha Kelurahan Beringin Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, Kamis (13/07). Rombongan yang terdiri dari pengurus dan anggota DWP Kemenag Kota Semarang diterima oleh Bu Ndari pengurus Yayasan Harapan Ibu yang menaungi Panti Wredha.

Sekretaris DWP Kemenag Kota Semarang Cholidah Hanum menyampaikan, kunjungan ke Panti Wredha merupakan jadwal rutin dari DWP Kota Semarang yang secara bergiliran dilaksanakan oleh semua unsur pelaksana DWP instansi/ badan/ kecamatan se-Kota Semarang termasuk DWP Kemenag Kota Semarang. Pada kegiatan tersebut DWP Kemenag mendapatkan jadwal bersama DWP Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Kota Semarang.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan program kerja DWP bidang Sosial Budaya yang dilaksanakan tiap hari Kamis. Setiap kunjungan dijadwalkan ada 3 (tiga) atau 2 (dua) unsur pelaksana yang datang secara bergiliran sesuai jadwal,” kata Hanum.

”Suatu saat kita akan seperti mereka menjadi tua dan berusia lanjut usia. Dengan datang ke sini mengingatkan kepada kita bahwa umur selalu bertambah. Dengan menemui Simbah-Simbah warga Panti Wredha menyadarkan kepada kita bahwa ada bagian dari masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dan kepedulian dari kita semua,” lanjutnya.

Bu Ndari pengurus yayasan yang pagi itu piket menjelaskan bahwa saat ini Panti yang beranggotakan wanita lansia ini beranggotakan 42 penghuni dengan 4 karyawan. Ketika ditanyakan tentang persyaratan untuk menjadi penghuni Panti, ia menjelaskan, “Syaratnya adalah Panti ini hanya diperuntukkan untuk warga Kota Semarang dibuktikan dengan KTP, usia 60 tahun ke atas, merupakan warga tidak mampu dan tidak mempunyai penyakit menular. Disamping itu membawa surat keterangan dokter dan surat keterangan Lurah”.

Secara rutin kegiatan bimbingan rohani bagi warga lansia dilaksanakan tiap hari Rabu dengan pemateri Penyuluh Agama Kemenag Kota Semarang baik PNS maupun nonPNS. Hari Kamis para Simbah mendapatkan ceramah dari tokoh agama setempat. Sedangkan untuk penghuni Panti beragama Kristen bimbingan rohani dilaksanakan tiap hari Selasa dan hari Sabtu untuk yang beragama Katolik.

Setelah diterima oleh pengurus Yayasan dan karyawan Panti, rombongan berkeliling ke semua ruangan, melakukan dialog, beramah tamah sambil membagikan snack dan lauk kepada penghuni Panti.

Selepas kegiatan, Azizah pengurus DWP Kemenag menjelaskan bahwa disamping rutin berkunjung sesuai jadwal, pada peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama DWP Kemenag Kota Semarang juga pernah mengadakan kegiatan sosial di Panti yang sama.(ch/gt)