Empat Calon Jemaah Haji Pati Gagal ke Tanah Suci

Pati – Sesuai dengan jadwal yang diterima oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pati, Kamis (2/8/2018) besok, para calon jamaah haji (CJH) akan diberangkatkan ke tanah suci. Hanya, ada empat CJH yang dinyatakan gagal berangkat. Itu lantaran dua di antaranya meninggal dunia dan dua lainnya membatalkan pemberangkatan.

“Dua orang yang meninggal dunia itu calon jamaah dari Kecamatan Gembong. Sedangkan dua orang yang membatalkan karena satu di antaranya menunggu suami dan satu sisanya sedang masa iddah wafat,” ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Pati, Abdul Hamid, Selasa (31/7/2018).

Lebih lanjut, dalam pelunasan tahap pertama tercatat ada sebanyak 1.576 calon jamaah. Sedangkan pada pelunasan tahap kedua ada 21 calon jamaah. Sementara untuk total sebenarnya ada sebanyak 1.616 calon jamaah karena ditambah ada mutasi masuk sembilan calon jamaah dan 10 orang TPHD atau TKHD.

Namun,jumlah tersebut ada pengurangan lantaran ada yang meninggal dan membatalkan pemberangkatan. Selain itu juga ada 16 calon jamaah yang memilih untuk mutasi keluar. Sehingga total yang diperkirakan berangkat hanya tinggal 1.596 calon jamaah.

Kabupaten Pati sendiri direncanakan akan berangkat dalam enam kloter. Kloter pertama yakni masuk kloter 57 dijadwalkan berangkat pada Kamis (2/8) mendatang. Kloter 58 berangkat pada Kamis (2/8) sekitar pukul 04.00 dari Pati. Kloter itu sebanyak 355 calon jamaah dari Kecamatan Pucakwangi, Winong, Sukolilo, Tlogowungu, dan Gunungwungkal.

“Kemudian kloter 59 berangkat dari Pati pada Kamis (2/8) sekitar pukul 09.00 yang diisi calon jamaah dari Dukuhseti, Tayu, Al Khidmah, dan Moh Dahlan,”terangnya.

Sedangkan kloter 60 dijadwalkan berangkat dari Pati sekitar pukul 23.30 dari calon jamaah Batangan, Jakenan, Trangkil, Margoyoso, Cluwak, Permata, dan Zam-zam NU. Kloter 61 dijadwalkan berangkat pada Jumat (3/8) sekitar pukul 01.30. Kloter itu berasal dari Kccamatan Gembong, Gabus, Jaken, Tambakromo dan KBIH An Nur.

“Sementara untuk Kecamatan Margorejo, Juwana, dan Wedarijaksa dijadwalkan berangkat pada Jumat (3/8) sekitar pukul 06.00 dengan kloter 62,” tandasnya. (Sp/Am)