Evaluasi dan Pendampingan Asesmen Nasional

Surakarta- Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta mengadakan asesmen nasional Madrasah Ibtidaiyah dan evaluasi nasional Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah (8/10). Acara ini diselenggarakan pada hari Jum’at bertempat di Meetings Room Red Chilies Hotel Solo. Penyelenggaraan acara assessment dan evaluasi ini merupakan bentuk pendampingan Kementerian Agama Kota Surakarta kepada satuan pendidikan madrasah dalam mendalam menjalankan ANBK (Assement Nasional Berbasis Komputer). Acara ini dihadiri oleh 29 orang yang terdiri dari tujuh orang proktor Madrasah Ibtidaiyah, delapan orang proktor Madrasah Tsanawiyah, enam orang proktor Madrasah Aliyah, dan tuga orang pelaksana Seksi Pendidikan Madrasah.

Hadir sebagai Kepala Kankemenag Kota Surakarta, Hidyat Maskur, dalam sambutannya beliau yakin bahwa saat ini era digital harus diiringi dan diikuti dengan kemampuan teknologi sehingga beliau mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada para proctor dan teknisi yang telah membantu pada pelaksanaan ANBK. Pada kesempatan ini juga, Agam, selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Surakarta mengatakan, “Pendampingan Assement ini dilakukan sebagai mengukur pembelajaran siswa dan siswi yang dilakukan di madrasah. Hasil dari assement ini akan menjadi evaluasi dan pertimbangan bagi Kementerian Agama untuk merekomendasi pendampingan selanjutnya,” tuturnya.

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan ANBK, acara ini diselenggarakan agar meningkatkan kualitas madrasah. Sebelumnya, telah dilaksanakan ANBK secara bertahap oleh MA pada tanggal 27 September 2021, kemudian dilanjutkan dengan MTs yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 Oktober 2021, dan MI yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 – 11 Oktober 2021. Sehingga, dengan adanya pendampingan assesement nasional ini, diharapkan mampu menjadi wadah untuk saran, kritik, dan evaluasi kendala dari assesement yang telah dilakukan. (nd/my/bd)