Farhani : Jabatan Bukan Hadiah melainkan Amanah

Semarang (inmas) – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama hari ini Jumat (17/11) secara serempak melaksanakan agenda penting berupa pelantikan, pengambilan sumpah dan serah terima jabatan pengawas (eselon IV) di 21 lokasi berbeda termasuk yang dilaksanakan di Aula Lantai III Gedung A Kanwil. Kepala Kantor Wilayah Farhani menerangkan, pelantikan ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah disusun dan direncanakan, serta melalui mekanisme yang telah diatur sesuai dengan perundangan.

“Ini merupakan suatu inovasi yang dilakukan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah sepanjang sejarah Kementerian Agama berdiri, yakni pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan secara serempak di 21 lokasi, sedangkan pelantikan yang dilaksanakan di Kanwil dikarenakan pejabat definit belum terisi,” urai Farhani usai melantik 14 pejabat kabupaten/ kota pada jabatan pengawas.

Kepada pejabat yang baru dilantik, Kakanwil menegaskan perlunya dipahami bahwa jabatan bukan merupakan hadiah, namun merupakan amanah yang diberikan pimpinan. Belum tentu orang yang bermimpi atau bercita-cita menduduki sebuah jabatan tertentu dapat menjadi kenyataan, akan tetapi Bapak-Bapak hari ini dilantik dan diambil sumpah melalui proses yang panjang sesuai mekanisme yang diatur oleh undang-undang.

“Ketika Bapak-Bapak dilantik dan diambil sumpah jangan hanya suka jabatannya, akan tetapi yang lebih penting cintai tanggung jawab dan amanah yang ada pada jabatan tersebut,” tegasnya.

 Disamping memahami amanah yang menjadi tanggung jawab atas jabatan, pejabat yang baru dilantik diharapkan mampu memahami tugas dan fungsi serta peraturan perundangan yang berlaku terkait dengan jabatannya.

“Mana mungkin seorang pejabat mampu bekerja dengan baik manakala tidak memahami tusi dan peraturan perundangan, serta  masih harus ditambah dengan menjalin dan meningkatkan koordinasi yang baik, karena hakikatnya tugas di lembaga birokrasi  bersifat kolektif kolegial,” pungkasnya.

Adapun daftar nama-nama pejabat yang dilantik di Kanwil, sebagai berikut ;

  1. Mahrus, S.Ag menjadi Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Kankemenag Kabupaten Batang,;
  2. H. Darwanto, M.Sy menjadi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam pada Kankemenag Kabupaten Batang,;
  3. H. Slamet, M.H menjadi Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam pada Kankemenag Kabupaten Batang,;
  4. H. Subkhi, M.H menjadi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kankemenag Kabupaten Batang,;
  5. Sugi Edi, S.H menjadi Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kankemenag Kabupaten Batang,;
  6. Abdul Wahab, S.Ag., M.Si menjadi Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kankemenag Kabupaten Batang,;
  7. Luthfi Hakim Arif Effendi, S.Ag menjadi Kepala Seksi Penyelenggara Syari’ah pada Kankemenag Kabupaten Batang,;
  8. Kasori, S.Ag menjadi Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Kankemenag Kabupaten Tegal,;
  9. Mujahidin Nurburhan, S.Ag menjadi Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kankemenag Kabupaten Tegal,;
  10. Kokahudin, S.Ag., M.Pd menjadi Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kankemenag Kabupaten Tegal,;
  11. H. Banu Hamdan, M.Pd menjadi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kankemenag Kabupaten Tegal,;
  12. A. Syaifuddin Zuhri, S.Ag menjadi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam pada Kankemenag Kabupaten Tegal,;
  13. H. Moh. Takhyudin, M.Pd menjadi Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam pada Kankemenag Kabupaten Tegal,;
  14. H. Zarkasi, M.Pd.I menjadi Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan pada Kankemenag Kabupaten Surakarta.

Seusai melantik dan mengambil sumpah, Kakanwil beserta Kabag TU, para Kabid dan Pembimas serta tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada para pejabat eselon IV dan melakukan sesi foto bersama. (gt/gt)