FKUB di Minta Terus Menjaga dan Memantapkan Toleransi Serta Kerukunan Umat Beragama.

Wonogiri – Kepala Kepolisian Resor Wonogiri AKBP Uri Nartanti beserta jajaran melakukan kunjungan dan silaturahmi dengan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Wonogiri, Selasa (15/01) di Rumah ketua FKUB Kab. Wonogiri, turut hadir hadir dalam acara tersebut sejumlah pengurus FKUB, Tim pengendali KUB Kemenag  Wonogiri, H. Mursyidi, Pejabat Kesbangpol Wonogiri Arif.

Menurut Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti tujuansilaturahmi tersebut dalam rangka memantapkan dan meningkatkan toleransi serta kerukunan umat beragama, Kapolres berterima kasih atas peran FKUB sebagai penyangga kerukunan umat, serta meminta kepada jajaran Pengurus dan anggota FKUB untuk meningkatkan dan memantapkan toleransi dan kerukunan umat beragama.

“Melalui pengurus FKUB ini kami meminta dukungan kerja sama dan partisipasi tokoh masyarakat (tomas) dan tokoh agama (toga) untuk meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama dan mencegah adanya skenario isu ke arah SARA, meneguhkan komitmen NKRI harga mati serta pentingnya menjaga Kebhinnekaan serta menciptakan kamtibmas di kota gaplek,” harap Kapolres

Kabupaten Wonogiri, menurut Kapolres  termasuk wilayah yang kondusif, oleh karena itu kebersamaan dan saling menghargai serta toleransi antarsesama pemeluk agama perlu terus ditingkatkan kepada  semua pemuka agama agar bisa mengarahkan kepada umatnya untuk bersikap bijak, yaitu tidak mudah terpengaruh oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab.

Tim Pengendali KUB Kankemenag Wonogiri, H. Mursyidi  yang hadir dalam acara tersebut sangat menyambut baik komitmen dari Polres dan FKUB kab. Wonogiri untuk bersama-sama membangun dan menciptakan kerukunan umat beragama di kota gaplek.

“Kemenag dan FKUB selama ini sebagai penyangga kerukunan umat beragama. Misi Kementerian Agama tidak hanya meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan dan pendidikan keagamaan tetapi juga meningkatkan kualitas kerukunan antar umat beragama. Negara Indonesia adalah sebuah bangsa yang sangat besar, sehingga keberagaman yang ada di dalamnya sangat besar dan keberagaman itu hadir di semua sektor kehidupan termasuk dalam agama,” jelas Mursyidi

Untuk itu tanggung jawab atas kerukunan umat beragama adalah tanggung jawab seluruh umat beragama. Masalah Kerukunan umat beragama harus terus kita perhatikan secara seksama, karena agama memainkan peranan yang penting dalam segala aspek kehidupan ini.

Ketua FKUB H. Soetopobroto mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan silaturahminya, beliau menyampaikan bahwa silaturahmi dan koordinasi  FKUB dengan jajaran Polres Wonogiri bisa mengenal lembaga FKUB dan bisa mengimplementasikan langkah-langkah strategis dalam rangka menjaga kerukunan antar umat beragama dan menjaga iklim kondusif di daerah. (mursyid_heri/wul)