FKUB Tidak Melulu Soroti Permasalahan Agama

Grobogan – Kepengurusan Forum Kerukunan antar Umat Beragama (FKUB) di Kabupaten Grobogan dibawah komando sang Ketua Umum Thoha Karim Amrullah memang beda dari yang lain. Tidak hanya mengurusi masalah kerukunan antar umat beragama, tapi FKUB juga merambah ke masalah sosial keagamaan yang krusial di Kabupaten Grobogan. Beberapa yang mendapat perhatian diantaranya masalah HIV/AIDS yang terbesar kedua di Jawa Tengah, pernikahan anak usia dini, menjamurnya tempat kemaksiatan Kafe dan Karoke dan masalah sosial kemasyarakatan lainnya di Grobogan.

Bahkan FKUB di Grobogan juga aktif menghimpun bantuan dana untuk korban bencana seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, kekeringan dan lainnya. Pada gempa bumi di Aceh beberapa tahun lalu, FKUB Grobogan bisa membangun ruang kelas baru di Kabupaten Pidie.

Dalam bencana kekeringan yang rutin menyambangi Grobogan, FKUB pun turun tangan aktif membantu air bersih.

Beberapa kegiatan tersebut dilaporkan Thoha Karim saat audiensi bersama pengurus dengan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Grobogan yang baru Hambali, Jum’at (07/04).

Mewakili pengurus, Thoha menyampaikan bahwa kerukunan di Kabupaten Grobogan sangat kondusif, tidak ada kejadian berarti yang mengganggu kedamaian dan kerukunan umat beragama.

Dalam kesempatan tersebut pemilik rumah makan Suka Rasa memperkenalkan pengurus yang berkesempatan hadir dalam audiensi tersebut. Ketua Umum yang aktif di beberapa organisasi tersebut menyampaikan susunan kepengurusan FKUB di Kabupaten Grobogan yang berjumlah 17 personil yang mewakili enam agama dan ormas keagamaan di Grobogan.

Thoha menyinggung tentang Sekretariat Bersama FKUB Kabupaten Grobogan yang terkendala pembangunannya karena status tanah yang hak guna pakai, tidak milik Kementerian Agama. “Kedepan akan kami usahakan Pemkab bisa menghibahkan tanah tersebut ke Kemenag untuk segera bisa dibangun gedungnya, mumpung Bupati sekarang ini banyak memberi perhatian pada FKUB,” kata Thoha menjanjikan.

Menanggapi laporan kiprah FKUB Kabupaten Grobogan, Hambali menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasamanya yang baik dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan. Kepala Kantor yang bertempat tinggal di Gajah Demak tersebut mengharapkan kerukunan agama yang sudah kondusif untuk dipertahankan. “Program-program yang akan dijalankan harap dilaksanakan sebaik-baiknya. Jalin silaturrahmi agar bermanfaat untuk Grobogan yang lebih baik,” kata Hambali.

Diakhir pertemuan diselenggarakan foto bersama pengurus FKUB Kabupaten Grobogan dengan Kepala Kankemenag di halaman kantor. (pr/gt)