Geliat Peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Banyumas

Purwokerto – Hari Santri merupakan momentum akbar bagi santri Nusantara dengan Tema Bersama Santri Damailah Negeri. Afifuddin Idrus, Kasi PD Pontren Kankemenag Kab. Banyumas menyampaikan, bahwa hampir setiap penjuru daerah memperingati hari spesial ini. Pemerintah Kabupaten Banyumas diikuti oleh seluruh Kecamatan dan hampir seluruh madrasah yang ada di Banyumas mengadakan berbagai kegiatan dalam memperingatinya diantaranya adalah Upacara dengan memakai sarung dan baju koko. Upacara HSN Tingkat Kabupaten diikuti oleh sekitar 10.000 peserta diwakili santri dari wilayah Kota, Inspektur Upacara langsung dipimpin olehBupati Banyumas  Achamd Husein.

Kegiatan upacara didahului dengan Khotmil Qur'an 2.970 juz oleh peserta upacara, Pembacaan sholawat nariyah 1 Milyar seluruh Indonesia oleh pondok2, ormas di bawah organisasi NU, pendidikan di bawah Ma'arif dan majlis taklim, Kirab pawai keagamaan di masing-masing Kecamatan, dan Santunan untuk santri yang tidak mampu, siaran langsung RRI Purwokerto untuk sosialisasi HSN (22/10). Dalam kesempatan yang sama diberikan bantuan Pendidikan dari Laziznu kepada Pimpinan PC Maarif NU Kab. Banyumas sebesar Rp. 130.000.000,- dan Bantuan Kesehatan diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kab. Banyumas sebesar Rp. 20 juta, yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husain.

Di tempat terpisah kegiatan dilakukan santri untuk menyambut Hari Santri Nasional di tengah musim kemarau, sejumlah santri Banyumas yang tergabung dalam Santri Rumangsa membagikan air bersih ke sejumlah titik yang mengalami kekeringan, seperti di Desa Langgorsari, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Dan santri Pagar Nusa Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah yang berjumlah ratusan juga turut serta menampilkan performanya pada upacara hari santri berpusat di Lapangan Perguruan Ma’arif Cilongok. Wiwin Setiadi selaku seksi acara menyampaikan, sesuai instruksi Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Cilongok, Kiai Nur Abidin pada peringatan hari santri tahun lalu, seluruh lembaga pendidikan Ma’arif NU wajib mengadakan ekstra Pagar Nusa. “Maka di tahun ini panitia secara khusus menampilkan perform Pagar Nusa Cilongok,” katanya. 

Setiadi selaku seksi acara menyampaikan, sesuai instruksi Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Cilongok, Kiai Nur Abidin pada peringatan hari santri tahun lalu, seluruh lembaga pendidikan Ma’arif NU wajib mengadakan ekstra Pagar Nusa. “Maka di tahun ini panitia secara khusus menampilkan perform Pagar Nusa Cilongok,” katanya. (Afif/bd)