Pengambilan Sumpah PNS, Pintu Gerbang Tingkatkan Kinerja Sesuai Tupoksi

Wonogiri – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Subadi mengampil sumpah 26 Pegawai Negeri Sipil lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Wonogiri, Kamis (17/01) di Aula Kankemenag Wonogiri, hadir dalam acara tersebut, Kasubbag TU,  Para Kasi dan Penyelenggara, serta para ASN Kantor Kemenag Wonogiri.

Dalam sambutan pembinaannya, Kepala Kankemenag menyampaikan bahwa Pengambilan Sumpah ini dilakukan mengacu kepada Peraturan Pemerintah RI Nomor 11 Tahun 2017 Pasal 39 Ayat 1 bahwa Setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji, disamping untuk memberikan pemahaman bahwa sebagai seorang PNS harus taat dan patuh dengan aturan yang berlaku, memiliki kesetiaan terhadap Pancasila dan UUD 1945, memiliki integritas, jujur amanah dan penuh tanggung jawab.

Pengambilan sumpah PNS menurutnya bukan hanya sebatas seremonial, namun memiliki makna yaitu kewajiban bagi para PNS untuk menaati segala peraturan dan menjauhi segala larangan dalam menjalankan tugas sehari-hari sehingga kata-kata sumpah yang diucapkan dapat diimplementasikan dalam menjalankan amanah sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Selanjutnya, Kepala Kantor juga menyampaikan bahwa dalam membangun karakter PNS dilingkungan Kankemenag Wonogiri dengan melaksanakan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama yaitu: Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan.

Untuk itu, ia berharap kepada para pegawai yang diambil sumpahnya untuk banyak bersyukur, karena menjadi PNS saat ini sangat sulit, masih banyak saudara-saudara kita yang belum mendapatkan kesempatan untuk diangkat menjadi PNS. Ribuan orang bahkan jutaan orang mengantri menginginkan dapat diangkat menjadi PNS, oleh karena itu saya berharap syukuri apa yang sudah diperoleh selama ini terutama yang diangkat menjadi PNS dalam bentuk melaksanakan tugas secara total, penuh tanggungjawab dan memiliki dedikasi yang tinggi.

“Pengambilan sumpah jabatan ini merupakan pintu gerbang bapak ibu semua untuk  mengabdi kepada bangsa dan negara dalam rangka melayani masyarakat, sehingga dapat mengabdi secara totalitas dan merupakan anugerah yang patut disyukuri, bangun koordinasi yang baik dengan atasan maupun ASN lainnya,” harap Subadi

Subadi juga menekankan agar setelah disumpah nanti, hendaklah menjadi PNS yang selalu berpegang teguh dengan kode etik pegawai, jujur, berdedikasi tinggi, mengedepankan ketulusan didalam pengabdian, bekerjalah sesuai dengan tupoksi masing-masing. (mursyid_heri/wul)