Gudangnya peneliti muda, MTsN 2 Sukoharjo lolos 15 Besar Nasional MYRES 2021

Sukoharjo – Kementerian Agama (Kemenag) tengah menggelar kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres) 2021. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan minat bakat siswa dalam bidang penelitian dan penulisan. Jenis yang dilombakan dalam Myrest meliputi 3 kategori yaitu Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi. Kedua Ilmu Sosial dan Humaniora. Ketiga Ilmu Keagamaan Islam. Kegiatan tahunan tingkat nasional ini dimulai sejak 30 Juni 2021.

Proposal Myrest tahun 2021 yang masuk ke panitia berjumlah lebih dari 7000 buah. Dalam tahap pertama masing-masing kategori diambil sebanyak 50 buah. MTs Negeri 2 Sukoharjo tahap pertama meloloskan 4 proposal sehingga masuk dalam 50 Top Myrest 2021.

Untuk tahap kedua MTs Negeri 2 Sukoharjo mampu meloloskan satu  proposal bidang Ilmu Keagamaan Islam dengan judul “Urgensi Tabayyun Dalam Meminimalisir Hatespeech Netizen Indonesia Terhadap Clickbait Headline Pada Channel Youtube Gus Miftah Official” sehingga berhak masuk dalam 15 Top Myrest 2021.

Hafidzah Azzakiyah sebagai peneliti utama mengatakan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh clickbait dalam unggahan video di Gus Miftah Official Channel terhadap netizen Indonesia dan untuk menganalisis urgensi tabayyun dalam meminimalisir hatespeech netizen Indonesia tehadap unggahan video di Gus Miftah Official Channel”.

Arum Bunga Aprilia sebagai peneliti kedua menambahkan “Penelitian ini penting dilakukan karena hasil observasi ditemukan  salah satu video yang diunggah dalam channel youtube bernama Gus Miftah Official Channel berjudul “Gus Miftah Ceramah di Gereja ?! Orasi Kebangsaan Dan Kerukunan Umat Beragama !!” mengandung unsur clickbait dan dalam kolom komentar terdapat banyak sekali netizen yang sudah terprovokasi sehingga mengeluarkan hatespeech”. Untuk itu kami melakukan penelitian ini, ujarnya.

Pembimbing lomba, Fikriatun Najihah menuturkan bahwa persiapan yang dilakukan dalam mengikuti Myrest ini cukup panjang sejak awal Juli 2021Tim Myrest bidang Ilmu Keagamaan Islam dari MTs Negeri 2 Sukoharjo telah melewati penyeleksian tahap 1 dan masuk  ke tahap 2 yang akan digelar  pada 25 September –  7 November 2021. 

“Sementara itu, Kepala MTs Negeri 2 Sukoharjo, Amiruddin, menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian Tim Myres 2021 MTs Negeri 2 Sukoharjo. Ia juga menaruh harapan pada siswa-siswi untuk terus berprestasi dalam berbagai bidang.

“Alhamdulillah untuk Myres 2021 tentu sangat membanggakan. Jerih payah kita ada hasilnya.  Disaat madrasah lain giat dibidang sains, terbukti proposal sains yang terbanyak.  Kita telah bisa menyiapkan proposal  dibidang Keagamaan dan Sosial Humaniora. Dan proposal  dibidang Keagamaan bisa lolos tahap 2.  Ini luar biasa. Teruslah berkarya,  hasilnya bukan kuasa kita.  Apapun yang diberikan kepada kita tetap kita syukuri,” tandasnya. (ek/djp/rf)