Guru MAN Kota Salatiga Raih Juara I Lomba Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran 2014 guru SMA se Jateng

Salatiga – Lomba diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah mulai tanggal 11 – 13 November 2014 diikuti oleh 30 Finalis guru SMA dan SMK se Jawa Tengah yang lolos seleksi tahap 1.

Seleksi tahap I adalah seleksi naskah karya tulis ilmiah yang dilakukan oleh tim dewan juri yang dimotori oleh Dr. Subyantoro dari Universitas Negeri Semarang, setelah dipilih 30 finalis, tahap berikutnya ke 30 finalis wajib mempresentasikan karya ilmiahnya.

Dagang Game 2014 adalah media karya inovasi yang dibuat oleh Ameliasari Tauresia Kesuma, SE, M.Pd, seorang guru MAN Salatiga yang dibuatnya untuk memudahkan peserta didik memahami pencatatan akun transaksi usaha dagang ke dalam jurnal umum dan jurnal khusus.

Dagang game adalah media simulasi yang dibuat oleh penulis untuk mempermudah siswa dalam memahami pencatatan jurnal umum dan jurnal khusus pada akuntansi usaha dagang. Media ini didesain sedemikan rupa sehingga siswa mengalami sendiri apa yang terjadi pada saat transaksi, mengapa akun tersebut masuk di sebelah debet, mengapa di kredit.

Aturan Dagang Game 2014 mirip dengan permainan Monopoly bedanya adalah, yang mereka beli dan jual adalah toko atau usaha dagang, tidak ada kotak dana umum dan kesempatan tetapi kotak pandora box. Dalam pandora box terdapat kartu kartu berisi transaksi yang terjadi pada semua toko dan usaha dagang yang ada, ditambah retur pembelian, retur penjualan, berbagai beban yang timbul dan semua transaksi yang mungkin terjadi pada usaha dagang.

Pada permainan Dagang Game siswa dikelompokkan menjad 4 – 5 kelompok. Masing-masing kelompok dibagi satu set permainan Dagang Game yang terdiri dari satu set kartu Pandora Box, satu set kartu kepemilikan tanah, satu set kartu dadu dan satu set uang yang terdiri dari pecahan Rp. 10.000,- Rp.50.000,, Rp. 100.000,, Rp.200.000, Rp.300.000,- Rp. 500.000,, Rp.1.000.000, Rp. 5.000.000,-. Semua uang dibuat dan dicetak sesuai dengan kebutuhan pencatatan dalam perusahaan dagang.

Karya tulis ilmiah dalam bentuk penelitian tindakan kelas mengenai pelaksanaan pembelajaran dengan media Dagang Game 2014 ini membuat Ameliasari ditetapkan menjadi Juara I Lomba Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran 2014 guru SMA se Jateng, dan berhak memperoleh piala dan uang tunai sebesar Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah)

“Dukungan Kepala Madrasah, Drs. H. Sudar, M.Ag, rekan guru dan siswa khususnya sangat membantu terlaksananya penelitian saya”, ujar Ameliasari. “Saya melakukan penelitian selama kurang lebih 3 bulan sejak Juli 2014”, lanjutnya.

Kepala Madrasah sangat bangga akan keberhasilan guru binaannya, semoga apa yang dilakukan ibu Ameliasari dapat menginspirasi teman teman guru lainnya untuk terus berkarya demi terselenggaranya pendidikan di MAN Salatiga yang lebih baik dan berkualitas. (AML)