HAB ke-71, Kemenag Pati Gelar Jalan Sehat dan Donor Darah

Pati – Sekitar seribu peserta jalan sehat yang berasal dari jajaran aparatur sipil negara (ASN) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, guru-guru Non PNS binaan Kemenag serta keluarga besar kemenag Pati mengikuti agenda jalan sehat yang digelar dalam rangka semarak Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 Kemenag, Sabtu (31/12)

Kegiatan itu dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati, Kasubag Tata Usaha (TU) Kemenag, Pengawas Agama Kemenag, Kepala KUA, Penghulu dan Penyuluh Kemenag serta satker Kemenag, perwakilan Non PNS dari berbagai madrasah.

Kepala Kankemenag Kab. Pati, Ahmad Mundakir dalam sambutannya mengapresiasi tema peringatan tahun ini Lebih dekat Melayani Umat. Makna tema tahun ini, seluruh pegawai dilingkup Kemenag dituntut meningkatkan kinerjanya, guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tentunya dengan komitmen bersih, jauh dari hal-hal yang miring seperti KKN.

Apalagi tahun 2016 kemenag mendapatkan beberapa apresiasi positif dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah. yaitu kesuksesan dalam penyelenggaraan ibadah haji dengan kriteria memuaskan, Peningkatan Indeks reformasi birokrasi, Penyedia layanan Badan Layanan Umum (BLU) dengan akses yang terjangkau, Kementerian/Lembaga dengan Kontribusi Penerimaan Negara bukan Pajak (PNBP) terbesar dan sebagai Kementerian/Lembaga pemrakarsa proyek infrastruktur dibiayai dengan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). “Kegiatan ini patut di apresiasi karena seluruh peserta yang terdiri guru serta staf Kemenag sangat antusias mengikuti kegiatan yang tentunya kita tahu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan,” ujar Mundakir

Lanjut dia, dibalik raga yang sehat tentu mempunyai pikiran yang sehat, untuk itu pihaknya akan terus mendukung pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan jasmani dan rohani untuk menciptakan generasi yang cerdas dan aktif dalam hal kesehatan.

Ditambahkan Mundakir, jalan sehat merupakan salah satu rangkaian peringatan HAB tahun ini, dan kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan silaturahmi keluarga besar Kemenag Kab. Pati

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta yang telah hadir, dan kebersamaan dalam keluarga besar Kemenag ini akan menjadi modal yang sangat baik untuk bekerja dalam masyarakat,” ujar Mundakir.

“Dalam memaknai HAB ini juga dinilai mampu memotivasi pegawai Kemenag dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Bahkan mampu memberikan banyak manfaat bagi semua pihak, sebab hal ini juga diatur dalam ajaran Islam tentang pentingnya menjaga kesehatan jasmani dan rohani,” pesan Mundakir.

Para peserta jalan santai dilepas langsung oleh Kepala Kantor sekitar pukul 6.30 WIB, kemudian beliau turut berbaur dengan peserta lainnya. Jalan santai mengambil rute perjalanan di mulai dari Halaman Kankemenag Kab. Pati dan finish di Kantor Kemenag kembali. Suasana terasa begitu mengasyikkan dimana diantara para peserta tumbuh rasa silaturrahim satu sama lainnya. Selama mengikuti jalan santai terobati dengan adanya suguhan menu makanan dan minuman yang disediakan. Ada juga hiburan orgen tunggal yang disediakan Panitia dan yang paling di tunggu adalah Pengundian doorprize.

Di tempat yang sama juga diselenggarakan Bazar dan kegiatan sosial Donor darah yang diikuti oleh 60 orang terdiri dari Kepala Kankemenag Kab. Pati, Kepala Seksi dan pegawai kantor kemenag, guru-guru binaan kemenag serta keluarga besar kemenag Pati. (Athi’/gt)