Harapkan Peningkatan, Subbag TU Adakan Rakor

Purbalingga – Menyongsong kegiatan Bedah DIPA Tahun 2018, Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mengadakan Rapat Koordinasi Internal di Aula Lantai II, Senin (22/01). Kegiatan yang dipimpin Kepala Sub Bagian Tata Usaha ini dihadiri oleh Analis Kepegawaian beserta para pegawai Bagian UP, Bagian Keuangan, Bagian Umum serta Bagian Perencanaan.

Kasubbag TU, Ahmad Muhdzir menyampaikan agar di tahun 2018 ini seluruh ASN Kantor Kementerian Agama khususnya di lingkup Subbag TU dapat melakukan peningkatan kinerja sesuai dengan tugas, pokok dan fungsinya masing-masing.

“Di awal tahun 2018 ini mari kita tingkatkan rasa syukur kita selaku Aparatur Sipil Negara, dengan melaksanakan tugas – tugas yang telah diembankan kepada kita masing-masing dengan 3 pb : pemikiran yang baik, dengan perasaan yang benar sehingga akan menghasilkan pekerjaan yang betul,” ungkap Muhdzir dalam arahannya.

Sebagai evaluasi diri, lanjutnya, kita perlu mencermati apakah gaji dan tunjangan yang kita terima selama ini telah sesuai dengan kerja yang kita lakukan. Jangan sampai kita tergolong ke dalam kelompok orang-orang yang merugi karena kerja kita pada tahun ini tidak lebih baik dari tahun yang lalu.

“Maka soliditas dan kebersamaan di antara kita sebagai satu tim perlu dijaga dan ditingkatkan agar ke depan bisa menyongsong penerapan Zona Integritas di lingkungan kerja kita,” ujarnya.

Muhdzir menambahkan, di antara sikap kerja yang perlu ditingkatkan yaitu kecepatan menanggapi situasi yang sedang terjadi (tanggap sasmita). Seperti saat menghadapi kunjungan para pejabat dari instansi vertikal maupun horizontal. Juga dalam tugas sehari-hari, ketika menghadapi tamu dari sebuah lembaga maupun warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Etika 3S yaitu senyum, salam, dan sapa harus tetap dikedepankan. Karena Subbag TU dengan Satpam, Resepsionis dan Bagian Umum khususnya adalah wajah Kantor Kementerian Agama. Maka harus dihindari adanya sikap kurang peduli atau kurang tanggap atas situasi yang ada.

Meski sudah berjalan, koordinasi kerja dan disiplin pegawai dalam mengikuti Apel juga menjadi salah satu materi yang disampaikan dalam kegiatan Rakor, termasuk kegiatan Evaluasi Kerja Internal Subbag TU yang direncanakan akan dilakukan setiap akhir bulan.

Dialog Terbuka

Usai pengarahan dan pembahasan DIPA Subbag TU Tahun 2018, dilakukan dialog terbuka terkait dengan kinerja para pegawai. Dalam pembahasan muncul beberapa usulan dan pertanyaan dari peserta Rakor. Di antaranya terkait dengan laporan kinerja, kekurangan pegawai, pengadaan JFT Prakom dan Pranata Humas, petugas Resepsionis, likuidasi 3 MI Negeri, pengelolaan BMN dan mutasi kepegawaian. (sar/gt)