Harumkan MII Sambas, Razita Syibra Azizi Sabet Juara 1 Lomba Mendongeng

Purbalingga – Pandemi bukanlah penghalang anak-anak untuk berprestasi.  Razita Syibra Azizi salah satu siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Istiqomah Sambas Purbalingga kembali menampilkan kompetensinya dengan meraih Juara 1 Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Tingkat Kabupaten Purbalingga Tahun 2021 yang digelar secara virtual oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Purbalingga. Ia juga merebut posisi Juara Favorit dengan 611 like melalui unggahan video di kanal youtube baru-baru ini.

Kepala MI Istiqomah Sambas Ikhwandi Arifin dalam keterangannya Jumat (28/5/2021) menjelaskan, Razita Syibra Azizi merupakan salah satu peserta didik di madrasahnya yang memiliki beberapa kompetensi.

“Ananda Razita punya kelebihan, kemudian  dikembangkan kompetensinya, dibina dan dilatih secara intensif sebelum lomba,” jelasnya.

Ia menambahkan, penilaian lomba digelar Jumat (21/5) di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga. Peserta mengirimka file video dan naskah cerita kepada panitia lomba selambat-lambatnya 1 hari sebelum penilain dilaksanakan.

Kabid Kesiswaan MI Istiqomah Sambas Erna Ma’rifah selaku pendamping menjelaskan, berdasarkan hasil penilaian yang diumumkan panitia melalui surat tertanggal 24 Mei 2021 Razita meraih nilai 1.110 menempati posisi pertama. Sedangkan posisi ke-2 dan ke-3 masing-masing diraih Defita Melinda Sari (MI Al Islam Majasem) dengan nilai 1.099 dan Lena Levinan Putri (SDN 2 Kebutuh-Bukateja) dengan nilai 1.063.

“Razita membawakan cerita rakyat berjudul Putri Ayu Limbasari,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan lomba yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Purbalingga tersebut dimaksudkan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam rangka mengembangkan kegemaran membacadi tingkat SD/MI. Selain itu juga dalam rangka melestarikan aneka budaya daerah (lokal) serta membangun rasa menghargai dan menghormati perbedaan suku, budaya, seni, dan tutur bahasa dalam kerangka memperkokoh persatuan bangsa.

Erna menambahkan, selain prestasi terbarunya sebagai Juara 1 Lomba Bercerita/ BertuturTingkat SD/MI Tahun 2021, Razita juga memiliki beberapa prestasi dan pengalaman mengikuti berbagai perlombaan.

“Di antaranya Juara I Lomba Ceramah Bahasa Inggris FKTPQ Kabupaten Purbalingga, Juara I Da’i Kecil Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Juara Harapan I Lomba Bercerita Virtual LPP RRI Semarang, Juara III Skyfest Cabang Da’i Kecil Se-Jawa Tengah, dan Juara I Lomba Dongeng Rumah Kreatif Wadas Kelir,” jelasnya.

Berbagai prestasi dan keberhasilan Razita Syibra Azizi tidak lepas dari pola asuh kedua orang tuanya (Puji Utomo –seorang Perangkat Desa dan Siti Khasiroh –Wiyata Bakti Bustanul Athfal (BA) Bajong yang pernah meraih Juara Lomba Guru Berprestasi Tingkat Nasional). (sar/bd)