H.M. Aqsho : Setiap Bulan Kita Harus Mengadakan Rapat Laporan Kegiatan Dan Evaluasi

Batang – Untuk mengetahui kegiatan selama satu bulan berjalan, dan melihat rencana kegiatan satu bulan kedepan dari semua seksi yang ada, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang menggelar Rapat Bulanan yang dihadiri oleh seluruh Kasi dan Penyelenggara zakat wakaf di ruang Kepala Kantor pada Senin (14/06).

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha H. Abdul Wahab yang mendapatkan giliran pertama memaparkan kegiatan yang telah dilaksanakan pada bulan Mei yang lalu, menurutnya secara umum kegiatan di Bagian Tata Usaha sudah dapat dilaksanakan, hanya beberapa saja yang belum karena kendala teknis .

“ Secara umum kegiatan bagian tata usaha telah dilaksanakan, menurutya sampai akhir Mei serapan DIPA telah mencapai 42,23%, ada beberapa agenda yang pelaksanaannya mundur karena terkendala teknis, misalnya kegiatan program desa sadar kerukunan belum bisa dilaksanakan karena FKUB belum memilih desanya serta belum membuat proposalnya, sehingga SK dari Kanwil belum terbit,” jelas H.Abdul Wahab.

Sementara secara berurutan Kepala Seksi yang melaporkan kegiatan adalah Kasi Pendidikan Madrasah, Kasi Bimas Islam, Kasi Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren, Kasi Penyelenggara Haji Dan Umroh, Penyelenggara Zakat Wakaf dan di akhiri Kasi Pendidikan Agama Islam.

Setelah semua Kepala Seksi menyampaikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan serta melaporkan rencana kegiatan bulan berikutnya, Kepala Sub.Bagian Tata Usaha menyimpulkan.

“ Setelah semua Kepala Seksi menyampaikan laporan kegiatan bulan Mei dan rencana bulan Juni maka dapat kita lihat secara umum serapan DIPA hingga saat ini kemenag Kab. Batang pada akhir Mei 2021 berkisar 35-42% ,” katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang H.M. Aqsho dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada semua Kepala Seksi yang telah menyampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan maupun kegiatan yang belum dilaksanakan, bahkan sampai angka serapan DIPA nya pun sudah dapat dilaporkan.

“ Kita memprogramkan setiap bulan untuk melakukan rapat kordinasi untuk melihat kegiatan selama sebulan, apa yang sudah dilakukan dan apa yang belum dapat dilakukan dan kita bahas kendala yang mengakibatkan kegiatan belum dilaksanakan,” kata H.M. Aqsho.

Bulan ini yang menjadi perhatian kita adalah bahwa proyek PLHUT minggu ini sudah mulai dalam tahap peletakan batu pertama, sehingga praktis situasi kantor agak terganggu dengan adanya proyek tersebut.

“ Sebagaimana laporan Kasi PHU, minggu ini progress proyek PLHUT sudah sampai memulai pekerjaannya bahkan akan segera mengadakan peletakan batu pertama, untuk itu Kasi PHU untuk terus melakukan koordinasi dengan PPKOM maupun rekanan agar proyek itu dapat sukses, upaya lahir seperti itu sedangkan upaya batin saya rasa perlu adanya doa bersama atau sejenisnya, maka Kasi PHU untuk mempersiapkan segala sesuatunya,” tegasnya.

Berkaitan dengan laporan dari UPZ, H.M. Aqso juga memberikan apresiasi begitu tinggi, menurutnya memang pengumpul zakat paling sensitive untuk dilihat oleh masyarakat secara umum, namun menurutnya asalkan UPZ berkomitmen sesuai SOP maka kegiatan itu pun dapar dipertanggung jawabkan.

“ Saya sangat mengapresiasi dengan kinerja UPZ yang hingga saat ini dapat mentasarufkan zakat sesuai asnaf, sehingga muzaki akan semakin mantap dan yakin dengan kredibelitas UPZ, bahkan dalam laporan kedepan akan ada tambahan pengumpulan zakat diperkirakan sampai 2milyar, itu sungguh sesuatu yang dapat dicapai kalau komitmen kita ASN mau membayar zakatnya,” tambahnya.

Diakhir sesi rapat kordinasi itu Kepala Kantor memberi stressing agar Kepala Seksi untuk konsentrasi dengan program-program di bulan ini, bila harus melaibatkan kepala kantor, untuk dikoordinasikan agar tidak terjadi tabrakan kegiatan. (Zy)