IGRA Cilacap Gelar Pelatihan Senan Islam Sehat Ceria

Cilacap – Sebagai salah satu wujud inovasi dalam kegiatan pembelajaran, Ikatan Guru Raudlatul Althfal (IGRA) Kabupaten Cilacap, Senin (25/6) menggelar pelatihan Senam Islam Sehat Ceria di Pantai Sodong. Senam Islami merupakan sebuah gerakan yang mengilustrasikan berbagai kegitan ibadah dan doa sehari-hari. Senam tersebut sekaligus sebagai salah satu ciri khas pendidikan yang bernafaskan Islam.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Jamun, dalam sambutannya menegaskan bahwa Al Qur’an merupakan obat. Siapapun yang hidupnya mengikuti Al Qur’an, maka hidupnya akan selalu sehat baik jasmani maupun rohaninya. Selama ini ranah senam hanya meliputi gerakan secara jasmaniah, ranah rohaniah kurang atau bahkan tidak tergarap. Karenanya, perpaduan gerakan fisik yang kaitkan dengan do’a-do’a maupun aktifitas ibadah sehari-hari diharapkan akan mampu menyajikan kesehatan yang optimal.

“Guru RA harus mampu tampil beda dengan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajarannnya. Tanggung jawab memberikan bekal sejak dini bukanlah pekerjaan yang mudah. Diperlukan usaha yang gigih dengan prinsip kerja cerdas, kerja keras dan kerja ikhlas. Meskipun gaji guru RA masih sangat jauh dari kata layak, namun nyatanya rizki yang didapat tetap mencukupi. Allah Maha Bijaksana dan yakinlah bahwa Allah memberikan yang terbaik. Teruslah berjuang! Kobarkan semangat melalui senam yang Islami sehingga peserta didik akan memiliki jiwa yang gigih dalam belajar ilmu agama,”katanya.

Sementra itu, Ketua IGRA Kabupaten Cilacap, Nur Khasanah mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan salah satu persiapan menyambut even tingkat nasional. Gegiatan senam menurutnya sudah dipraktekkan dalam kegiatan sehari-hari. Kebetulan bertepatan dengan bulan Syawal sehingga pihaknya sekaligus menggelar silaturahmi dan halal bi halal.

“Salah satu hal yang membuat kegiatan latihan ini istimewa adalah karena dibingkai dengan acara silaturahmi dan halal bi halal. Sehingga diharapkan akan dapat menimbulkan semangat dalam kebersamaan yang kuat. Dengan semangat dan jiwa kebersamaan akan terbangun keselarasan dalam irama senam. Endingnya kemampuan guru RA Kabupaten Cilacap akan meningkat tidak hanya bertaraf kabupaten atau provinsi, tetapi bisa berkiprah hingga tingkat nasional,”tuturnya.(On/bd)