IGRA Kabupaten Cilacap Siapkan Amunisi Bidik Prestasi

Cilacap – Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kabupaten Cilacap menyiapkan amunisinya untuk membidik prestasi guru. Langkah tersebut salah satunya dilaksanakan dengan menggelar Lomba Kreatifitas Guru, Sabtu (8/4) di RA Masitoh Tritih Kulon Cilacap Utara.

Ketua IGRA Kabupaten Cilacap, Nur Khasanah mengatakan bahwa, para guru yang mengikuti lomba adalah mereka yang telah mengabdi selama tujuh tahun. Bagi yang belum tujuh tahun juga diperbolehkan yang penting memiliki kreatifitas dan administrasi guru yang lengkap.

“Secara perhitungan, guru yang memiliki masa kerja tujuh tahun memang mengacu pada adminstrasi sesuai protofolio. Akan tetapi, walaupun mereka sudah tujuh tahun, belum tentu memiliki dokumen portofolio yang lengkap. Sehingga walaupun ada yang kurang dari tujuh tahun mereka mau ikut lomba, ya kami persilakan. Kan bisa saja masa pengabdian kalah tetapi dokumen lengkap sehingga nilainya juga bisa lebih tinggi, dan itu artinya dia bisa berprestasi,”katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa lomba tersebut digelar sebagai respon atas paceklik prestasi guru RA di Kabupaten Cilacap selama ini. Pihaknya mengaku tidak mau lagi ketinggalan start. Karenanya, IGRA berinisiatif untuk menyiapkan para gurunya sedini mungkin untuk memetakan kualitasnya.

Menurutnya, hal yang paling menjadi hambatan adalah kreasi membuat media pembelajaran. Untuk itulah, pihaknya berusaha menggenjot semangat para guru untuk bisa berkreasi. Membangun semangat melalui lomba dinilainya sebagai media paling efektif saat ini.

Melihat kesigapan IGRA, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Jamun mengapresiasi tindakan tersebut. Dikatakan bahwa, guru RA sebagai garda terdepan untuk menumbuhkan sikap mental akhlak generasi penerus bangsa yang berkualitas seharusnya menjadi perhatian khusus.

“Kita saat ini perlu bersyukur karena sudah ada dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk RA walaupun skalanya masih kecil. Tetapi paling tidak, bisa meningkatkan kualitas pendidikan RA, termasuk gurunya. Usaha untuk maju memang memerlukan energi yang besar. Nah salah satu yang membuat energi seseorang menjadi besar adalah dengan semangat atau motifasi. Adanya lomba kreatifitas ini diharapkan bisa memotifasi guru RA mengaktualisasikan dirinya menuju prestasi,”ungkapnya.(on/bd)