Persiapan Pertukaran Pelajar MTs Muhammadiyah ke Singapura

Purbalingga – Madrasah lebih baik lebih baik madrasah, menjadi istilah yang tepat untuk dengan kondisi madrasah saat sekarang. Semboyan ini sudah diwujudkan oleh Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 07 Kejobong Purbalingga, hal ini tampak dengan banyaknya torehan prestasi yang sudah diraih oleh siswa-siswinya.

Madrasah yang beralamat di jalan Makam nomor 2 Kejobong Kabupaten Purbalingga, Kamis (09/03) mengadakan pertemuan wali siswa guna persiapan kegiatan pertukaran pelajar ke Singapura. Acara pertemuan yang bertempat di ruang kelas lantai 2 menghadirkan Agus Triyanto, Kepala Sekolah Indonesia Singapura (SIS) Ltd.

Agus Trianto, yang sebelumnya adalah Kepala SMP Negeri 1 Purbalingga memberikan penjelasan teknis pemberangkatan dan pelaksanaan saat berada di Singapura. “Pemahaman tentang berbagai hal saat berada di Singapura sangat penting untuk diketahui siswa peserta pertukaran pelajar, seperti kedisiplinan, kebersihan dan cara berkomunikasi dengan masyarakat di sana,” kata Agus Triyanto.

Dia juga menyampaikan pelaksanaan pertukaran pelajar yang diikuti oleh 9 siswa ini, akan dilaksanakan di 2 tempat yaitu di Sekolah Indonesia (Singapura) Ltd dan sekolah lokal Tanjong Katong Secondary School, Singapore.

“Peserta harus mempersiapkan diri untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan menggunakan media laptop serta handpone untuk mengikuti pembelajaran selama di sana. Event ini jangan disia-siakan untuk menambah pengetahuan dan persaudaraan dengan teman-teman di Negeri Seribu Satu Larangan,” tegasnya.

Disisi lain Hari Hermawan, pembina tim olimpiade Fisika MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga yang akan turut bersama sebagai pendamping pertukaran pelajar ke Singapura menjelaskan, dari 9 siswa yang akan diberangkatkan adalah siswa berprestasi baik di tingkat kabupaten bahkan sampai tingkat nasional. (sf/gt)