Indriyani, Siswa MAN 1 Sragen Juara 1 Lomba Pemilu Vokalia

Sragen – Sebagai bentuk kepedulian MAN 1 Sragen dalam pengajaran demokrasi kepada siswanya, sekaligus mendukung program pemerintah dalam peran serta sekolah dalam pendidikan demokrasi kepada siswanya, Rabu (15/03) MAN 1 Sragen mengikuti “ Lomba Pemilu Vokalia “ yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen. Kegiatan ini untuk menjaring pemilih pemula di Kabupaten Sragen.

Pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan melakukan penggunaan hak pilihnya. Pemilih pemula terdiri dari masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memilih. Pengenalan proses pemilu sangat penting untuk dilakukan kepada pemilih pemula terutama mereka yang baru berusia 17 tahun. KPU dibantu dengan pihak terkait lainnya harus mampu memberikan kesan awal yang baik tentang pentingnya suara mereka dalam pemilu, bahwa suara mereka dapat menentukan pemerintahan selanjutnya dan meningkatkan kesejahteraan hidup bangsa. Pemahaman yang baik itu diharapkan dapat menjadi motivasi untuk terus menjadi pemilih yang cerdas.      

Setelah melalui penilaian dewan juri dari Dewan Kesenian Daerah Sragen dan KPU Sragen, akhirnya MAN 1 Sragen yang diwakili salah satu siswanya, Indriyani berhasil menyisihkan pelajar lain dari 22 SMA/SMK/MA memenangkan lomba ini dan memperoleh piagam penghargaan serta uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,-. Dalam lomba tersebut Indriyani menyanyikan lagu Tanjung Perak, dengan sedikit perubahan pada liriknya.

Mengutip dari Solopos, Ketua KPU Sragen Ngatmin Abbas menyatakan lomba ini khusus untuk pelajar SMA/SMK/MA dengan harapan agar mereka nanti berpartisipasi pada Pemilihan Gubernur Jateng pada tahun 2018. “Lomba yang pertama kali digelar KPU Sragen ini ternyata mendapat sambutan positif dari para pelajar,” ujarnya. (mir/ira1)