Inovasi Layanan KUA Bagian dari Upaya Mendukung Zona Integritas

Salatiga РSalah satu inovasi layanan pada KUA yang merupakan ujung tombak Kementerian Agama saat ini adalah adanya aplikasi SIMKAH WEB yang memudahkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Sehingga dipastikan bahwa SIMKAH WEB ini dapat tersosialisasikan dan diimplementasikan di seluruh KUA. Hal tersebut disampaikan oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Fajar Adhy Nugroho di hadapan para peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA berbasis IT se eks Karesidenan Semarang, yang bertempat di Hotel Grand Wahid Salatiga, Rabu, (19/05/21). 

“Bahwa semua KUA dipastikan menggunakan SIMKAH WEB dalam memberikan layanan kepada masyarakat, karena hal tersebut merupakan salah satu bagian dari pengukuran kinerja layanan pegawai pada KUA,” ungkap Fajar.

“Perubahan mindset dari bekerja manual menjadi bekerja dengan menggunakan teknologi bagian dari tuntutan perkembangan jaman, sehingga seluruh pegawai KUA harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi baik itu tua maupun muda, mau tidak mau, suka tidak suka harus dapat mengikuti kemajuan teknologi,” tambah Fajar.

Saat ini Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah berupaya dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Ada 15 Satker di Jawa Tengah menjadi Pilot Project Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang terdiri dari Kanwil Kemenag, 11 Kankemenag Kab/Kota dan 3 Madrasah.

“KUA merupakan unit layanan teknis Bimas Islam yang tidak hanya melaksanakan fungsi pernikahan saja akan tetapi fungsi lain seperti zakat, wakaf, layanan manasik haji dsb, hal tersebut menjadikan KUA merupakan miniatur layanan dari Kementerian Agama yang bersentuhan secara langsung dengan masyarakat yang membutuhkan layanan yang cepat dan prima,” jelas Fajar.

“Maka dari itu perbaikan layanan KUA diperlukan dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat salah satunya dengan inovasi aplikasi SIMKAH WEB, semua itu merupakan bagian dari kontribusi dalam pembangunan zona integritas,” pungkasnya.(ad/Sua)