Intensifkan Sosialisasi Pelaksanaan Panduan Ibadah Ramadhan Dan Idul Fitri 1442 H Penyuluh Agama Islam Door To Door

Batang – Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang mengintensifkan sosialisasi dan edukasi pelaksanaan panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H yang tertuang dalam SE Menag Nomor 04 Tahun 2021 dengan door to door mendatangi pengurus masjid dan musholla, sebagaimana yang dilakukan oleh Khasan Khudori pada hari Sabtu (01/05). Dia  mendatangi Masjid Alhidayah, Kelurahan Klidang Lor, Kecamatan Batang dengan membawa paket handsanitizer untuk diserahkan kepada takmir masjid Alhidayah sekaligus memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang Surat Edaran  Menteri Agama tersebut.

Kepala KUA Kecamatan Batang, H. Abdullah Najib mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan dari ajakan Ka.Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah untuk kembali memperkuat pengendalian dengan mengintensifkan koordinasi, pengawasan, dan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan ibadah pada bulan suci Ramadan ini.

“Sebelumnya dalam siaran persnya tanggal 30 April 2021 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jajaran Kemenag untuk mengintensifkan sosialisasi panduan ibadah Ramadhan seiring munculnya kluster baru Covid 19 di Kabupaten Banyumas Jateng. Gayung bersambut, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng mengajak  jajaran Kemenag Provinsi Jawa Tengah dalam Rapat Koordinasi Kemasjidan melalui Zoom Meeting dan live melalui kanal Youtobe Kemenag Jateng pada 01 Mei 2021, untuk kembali memperkuat pengendalian dengan mengintensifkan koordinasi, pengawasan, dan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadan ini, oleh karena itu KUA Kecamatan Batang melalui Penyuluh Agama Islam melakukan kegiatan ini,” jelas H. Abdullah Najib.

Sementara itu, koordinator Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang Slamet Hasanudin menyampaikan terimakasih kepada para penyuluh atas jerih payahnya berikhtiar untuk melaksanakan ajakan Kakanwil Kemenag Prov. Jateng ini.

” Atas kerjasama dalam bentuk ikhtiar bersama ini saya sampaikan terimakasih kepada para Penyuluh di Kecamatan Batang, semoga langkah ini diharapkan bisa memberikan edukasi dan atensi terhadap pelaksanaan prokes dalam pelaksanaan ibadah khususnya di bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Khasan Khudori mengatakan kepada Arwani, selaku Takmir Masjid Alhidayah agar bersedia membantu menyampaikan 7 paket handsanitizer kepada para pengurus Musholla di kelurahan klidang lor sekaligus menjelaskan isi Surat Edaran Menag No 04 tahun 2021 tersebut.

” Karena Takmir Masjid secara hierarkisnya adalah pembina dari para pengurus musholla di wilayah kelurahan/desanya, maka kami meminta bantuan kepada takmir Masjid Alhidayah untuk membantu menyampaikan 7 paket handsanitizer kepada para pengurus Musholla di kelurahan klidang lor sekaligus menjelaskan isi Surat Edaran Menag No 04 tahun 2021 tersebut,” tegasnya.

Takmir Masjid Alhidayah Arwani, menyampaikan terimakasih atas bantuan handsanitizer dan arahannya tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri dan mengaku siap untuk meneruskannya kepada para pengurus musholla.

“Atas nama takmir masjid, saya menyampaikan terimakasih atas bantuan handsanitizer dan arahannya tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri dan insyaallah siap untuk meneruskannya kepada para pengurus musholla di wilayah Klidang Lor,” jawabnya. (Khasan Khudori/Zy)