Laporan kepala Dalam Isttighosah di Brebes

Istiqhosah, Menyambut Tahun Baru 1443H dan HUT Ke-76 RI di Brebes

Brebes – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, dalam menyambut tahun baru hijriyah 1443 H dan HUT 76 Kemerdekaan RI, melaksanakan kegiatan Virtual Meeting Istiqhosah “Doa Untuk Keselamatan dan Kesehatan Semua”, pada Rabu, 10/08/2021 Pukul 19.30 – 21.00 WIB dipusatkan di Aula Kantor Kementerian Agama Brebes.

Kegiatan ini di awali dengan membaca do’a untuk keselamatan yang dipimpin oleh KH. Zaeruki, AH. (Imam Besar Masjid Agung Brebes) Kemudian dilanjutkan dengan Istighosah Kubro yang dibimbing oleh KH. Syech Sholeh Basalamah.

H. Musta’in Ahmad selaku Kakanwil Kemenag Prov. Jateng dalam sambutanya mengharapkan Istiqhosah menyambut Tahun Baru Hijriyah dan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia hendaknya menjadi memontum bagi kita, Umat Islam dan ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama se-Jawa Tengah dan Kabupaten Brebes khususnya. “Mari maksimalkan ikhtiar, baik lahir maupun bathin dengan menerapkan prokes dan bersyukur atas segala nikmat dan keberkahan yang di berikan oleh Allah SWT dengan sama-sama melaksanakan prokes 5 M + 1 D  dan menjadi sprit agama dalam menghadapI covid-19,” harap Musta’in Ahmad.

“Sebagaimana spirit agama juga yang memotivasi hijrahnya Rasulullah SAW dan para Founding Father/para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dengan darah,  air mata dan hembusan nafas terakhir  bagi kehidupan  hari esok yang lebih baik bagi anak dan cucu keturunan bangsa Indonesia,” tambahnya melalui virtual zoom dari kediamannya di Semarang. 

“Spririt agama sebagai penjamin kesehatan jiwa dan sebagai penjamin kesahatan kewarasan akal, hal ini sebagai modal kuat bagi menunjang terbentuknya kesehatan lahir, yang diharapkan munculnya kekebalan pada setiap diri manusia. Kekebalan inilah sebagai senjata ampuh dalam perjuangan mengalahkan pandemi covid-19,” imbuh Kakanwil.

Acara ini dipandu oleh host H. Faedurohim dan di hadir tokoh KH. Solahudin Masruri (Ketua MUI Brebe), KH. Syech Sholeh Basalamah (Pengasuh Ponpes Darussalam Jatibarang), KH, Zaerukhi (Imam Baesar masjid Agung Brebes), dan Sambutan oleh H. Musta’in Ahmad. Hadir juga secara virtual 457 peserta. Selain hadir seluruh Pejabat dan ASN  dilingkungan Kementerian Agama Brebes, juga hadir para Pengasuh pondok pesantren  se-Brebes dan Kepala madrasah baik negeri dan swasta se-Brebes, dari tingkat RA, MI, MTs dan MA.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar bathin  ketiga dari seluruh ASN dilingkungan  Kementerian Agama Kabupaten Brebes,  dalam rangka bertaqorrub Kepada Allah SWT, semoga pendemi ini cepat berlalu dan kita dapat hidup normal kembali,” kata Fajarin (Kepala Kantor) dalam laporanya.

Maidoh hasanah  disampaikan oleh KH. Sholeh Basalamah. Beliau menekankan bahwa istiqhosah ini adalah sarana bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT, dan dijadikan sebagai washilah semangat perubahan ke arah yang lebih baik, mengingat tahun baru hijriyah sebagai salah satu waktu yang tepat,  menandai  perubahan bagi setiap uma Islam, sehingga kedepannya kita dapat  hidup lebih eling dan waspada terhadap setiap hal yang menghadang, hal ini menjadi kekauatan untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang salah,  tercela dan selalu mendapat bimbingan dari Allah SWT melalui ajaran Rosulullah Muhammad SAW. supaya hidup senantiasa dikaruniai keselamatan dan keberkahan. Acara ditutup dengan doa yang disampaikan oleh KH. Sholahuddin Masuri. (hid/Sua)