Jalan Sehat Kerukunan Menguatkan Sekaligus Mencairkan Suasana Umat Beragama

Cilacap – Kegiatan jalan sehat kerukunan umat beragama dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama, bukanlah rutinitas ataupun ceremonial belaka. Hal yang mendasar dari kegiatan tersebut adalah untuk memperkokoh persaudaraan sekaligus mencairkan suasana. Kurangnya silaturahmi antar umat dapat menurunkan kualitas kebersamaan. Karenanya, diperlukan sarana untuk mempertemukan umat beragama.

Salah satu media yang paling efektif adalah kegiatan jalan sehat. Adapaun tema kerukunan merupakan hasil yang hendak dicapai. Melalui kebersamaan saat jalan sehat,sangat memungkinkan tokoh maupun umat lintas agama berkomunikasi satu sama lain. Dengan berkomunikasi, maka munculnya rasa saling curiga ataupun salah faham dapat dihindari. Sembari jalan-jalan menikmati pemandangan sekitar diharapkan suasana hati juga menjadi cair.

Demikian disampaikan Pelaksana tugas Kakankemenag Kab. Cilacap, Imam Tobroni, Sabtu (5/1) beberapa saat menjelang pelaksanaan Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama di Jalan Perwira No 14 A.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai representasi kondisi umat beragama di Kabupaten Cilacap. Hadirnya mereka merupakan bukti nyata terpeliharanya kerukunan umat. Kegiatan jalan sehat merupakan wahana silaturahmi yang akan memperkokoh persaudaraan antar umat beragama. Karenanya, pihaknya berupaya keras agar kegiatan jalan sehat betul-betul menghasilkan out put terbaik.

“Bisa kita lihat bersama, bagaimana tokoh lintas agama dan umatnya berkumpul bersama dengan penuh keceriaan. Di sini kita bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Kita dapat saling bertanya tentang perkembangan ataupun kabar kondisi masing-masing. Jika terdapat persoalan-persoalan, kita dapat saling berbagi dan mencari solusi. Dengan begitu, maka jalan sehat kerukunan memiliki peran yang sangat penting bagi persatuan dan kesatuan umat beragama,”Katanya.

Sementara itu, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji berharap, kegiatan jalan sehat akan terus ditingkatkan kualitasnya. Sebagai kepala daerah pihaknya merasa bergembira melihat kebersamaan umat. Untuk itu, dia mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama atas kiprahnya melayani umat. Dia juga mendoakan, pada peringatan ke-73, Kemenag akan lebih berkualitas, berkomitmen kuat dan arif dalam melayani umat.(On/bd)