Jalan Sehat MIN Punggelan Sambut Hari Lahir Pancasila

Banjarnegara – Dalam rangka menyongsong Hari Pancasila, MIN Punggelan Banjarnegara hari  ini (31/05) mengadakan Jalan Santai sesuai edaran Kanwil Kemenag Jateng dan Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara. Jalan  santai diikuti sekitar 210 peserta yang terdiri dari siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 5 dan siswa-siswi RA perwanida.

Apel pembukaan singkat dipimpin langsung  Kepala MIN Punggelan, Rasno sebelum kegiatan jalan santai. “Jalan santai ini sebagai salah satu penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai gerakan membudayakan pancasila dan menjaga NKRI,” jelasnya dalam sambutan apel pembukaan.

Keputusan Hari Lahir Pancasila telah dikukuhkan oleh pemerintah jatuh pada tanggal 1 Juni  berdasar Keputusan Presiden  No.24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Pencasila sebagai dasar dan ideologi NKRI harus diketahui asal-usulnya, disampaikan kepada generasi dari ke  generasi dan demi kelestarian. Kepala MIN Punggelan berharap “Guru dan siswa dapat mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari”.

Jalan santai dimulai sekitar pukul 08.00 WIB pagi dan menempuh jarak sekitar 2 km dengan jurusan mulai jalan tirtayasa sampai jalan kepesing. Walaupun dalam kondisi puasa ramadhan, jalan santai tidak mengurangi keriangan acara  pagi tersebut.(Nangim/af)