Rangsang Siswa Miliki Kepekaan Sosial, Pengorbanan, dan Kebersamaan

Rembang — Ratusan siswa-siswi MtsN Pamotan, Rembang begitu gembira dan antusias melafalkan ‘takbir’ mengiringi penyembelihan sapi dan kambing di halaman MTsN Pamotan, Rembang. Betapa tidak? Sapi dan Kambing tersebut adalah persembahan mereka untuk turut beramai-ramai dikurbankan di hari Raya Idul Idha ini.

“Ini adalah kurban semua siswa-siswi MTsN Pamotan. Semua merasa terharu senang, karena dapat ikut berkurban sebagaimana yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW,” ujar Fika, siswa kelas 2 MTsN Pamotan, selaku pengurus OSIS dri sela-sela penyembelihan hewan kurban. Fika menyebutkan, semua siswa menyisihkan sebagian uang saku mereka dan dikoordinir oleh Pengurus OSIS, kemudian ditasarrufkan membeli dua ekor kambing dan dikurbankan, tepatnya pada hari Raya Tasyrik, Senin (6/10) pagi tadi.

Walaupun nilainya tidak seberapa, namun setidaknya, para siswa merasa bangga, karena bisa berkurban untuk dibagikan kepada fakir miskin dan dhu’afa. “Dengan berkurban, kami bisa berbagi sesuatu kepada masyarakat sekitar. Terutama bagi mereka yang tidak mampu. Momen Idul Adha merupakan momen dimana mereka bisa menikmati daging kurban. Sebuah bahan makanan yang tidak bisa mereka nikmati setiap waktu, apalagi saat ini harga apa pun semakin mahal saja,” urainya. Selain siswa, para guru juga turut andil. Sebanyak 19 guru menyisihkan sebagian gaji mereka setiap bulannya sejak setahun yang lalu, dengan dikoordinir oleh pihak madrasah. Hasilnya, sebanyak tiga ekor sapi disembelih bersama-sama dengan dua ekor kambing tersebut.

“Para guru tak semat-mata berkurban atas nama mereka sendiri, tapi juga atas nama keluarga, dan juga mengirim doa kepada anggota keluarga yang telah meninggal,” terang Waka Humas MTsN pamotan, Suseno, S.S.

Suseno menjelaskan, kurban ini adalah media pembelajaran bagi para siswa terhadap mata pelajaran yang telah diterima. “Dengan kurban ini, mereka bisa memraktekkan sendiri, bagaimana cara menyembelih hewan kurban dengan benar. Selain itu, kegiatan ini juga membudayakan ‘kebersamaan’ siswa, di mana mereka bisa berkurban dan mendistribusikannya bersama-sama. Dan yang terpenting adalah menambah syi’ar Islam di masyarakat,” tambahnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua kalinya. Tahun ini, dengan konsep yang sama, MTsN Pamotan menyembelih 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Rencananya, kegiatan ini akan diselenggarakan setiap tahun.—Shofatus Shodiqoh