Jalin Hubungan Erat Dengan Para Kyai Dandim 0736 Batang Kunjungi Ponpes Darussalam Subah

Batang – Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra  didampingi  Komandan Koramil 01/Subah Kapten Cba Dwi Kristanto mengadakan kunjungan komsos ke Ponpes Darussalam Kemiri  Subah  Batang pada Kamis (27/05) yang lalu yang diterima langsung dengan hangat oleh pengasuh Pondok KH Ali Masud Ahmad. Turut hadiri bersamama Dandim Komandan Koramil 01/Subah Kapten Cba Dwi Kristanto, Kepala Desa Kemiri Barat Ali Muhyidin, Kepala Panti Asuhan Darussalam H. Chamim, Kepala MI Darussalam Toyo, Kepala MTs Darussalam Romadi, Kepala MA Darussalam Tohir, dan Kepala SMK Darussalam Nur Inda Sari.

Dalam kesempatan itu Dandim menceritakan kisah perjalanan karirnya di TNI dari awal hingga menjadi Komandan kodim di Batang, dia menyampaikan bahwa tujuan silaturrahim ke pesantren-pesantren di Kabupaten Batang adalah guna menjalin hubungan yang lebih erat dengan para kyai.

“ Kita sudah tahu bersama bahwa negara Indonesia dulu berdiri atas peran para pejuang TNI dan juga para ulama, saya mengintruksikan kepada jajaran koramil agar bisa bersinergi dengan masyarakat, tokoh agama serta tokoh masyarakat,” kata Yan Eka Putra.

Dia berharap agar TNI harus banyak melibatkan para kyai dalam menjaga masyarakat agar tetap aman, tenang dan kondusif, mencegah  radikalisme melalui pemahaman agama yang benar dan rahmatan lil alamin.

“ Saya mengharapkan kedepan ada kerjasama yang intensif terkait pemberdayaan ekonomi pesantren sehingga menjadi pesantren mandiri bukan pesantren proposal,” tegasnya.

Sementara itu KH Ali Masud Ahmad, selaku Pengasuh pondok  pesantren Darussalam yang menerima Dandim, menyampaikan bahwa kondisi pondok pesantren Darussalam saat ini memiliki sekitar 1500 santri,

“ Semua santri di Pondok ini disamping tafaqquh fiddin (belajar ilmu agama) dengan ciri khas kitab kuningnya dan sekolah formal di MI, MTs, MA, maupun SMK Darussalam juga dengan pembekalan life-skill santri melalui BLK Komunitas komputer dan Peternakan ayam joper (jowo super),” jelas KH Ali Masud Ahmad .

Dia juga menyampakan bahwa pihak pondok pesantren  menyambut baik masukan-masukan dan gagasan yang disampaikan oleh Dandim 0736 Batang diatas, menurutnya kedekatan TNI dengan Pondok Pesantren merupakan sebuah langkah baik untuk bersama-sama mengawal masyarakat agar tetap aman, tentram tanpa ada gangguan perpecahan yang diakibatkan oleh ulang orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kepala Desa Kemiri Barat Ali Muhyidin pada kesempatan itu menyampaikan bahwa pihakya selalu bersinergi dengan pondok pesantren menurutnya pemerintah desa, masyarakat dan pondok pesantren selalu bersama-sama dalam berbagai aktifitas baik keagamaan maupun kemasyarakatan.

 “ Pihak desa selalu bersinergi dengan pesantren dalam membendung radikalisme melalui medsos baik facebook maupun group WA,kondisi Desa Kemiri Barat yang termasuk daerah penyangga Kawasan Industri Terpadu Batang harapannya tidak hanya jadi penonton tapi terlibat langsung dalam KITB, tenaga kerja pengangguran bisa ditampung oleh pabrik pabrik di KITB, serta pemberdayaan masyarakat untuk menjadi pengusaha pengusaha kecil, membangkitkan UMKM dengan membuat dan menyediakan lapak untuk warga sekitar KITB,” kata Ali Muhyidin

Diakhir silaturrahimnya Dandim 0736 Batang memberikan bantuan Covid-19 untuk para santri Ponpes Darussalam juga 20 kantong beras @ isi 10 kg yang diterima secara simbolis oleh pengasuh.(Romadi/Ponpes Darussalam/Zy)