Jangan Berhenti Menimba Ilmu

Rembang- Kegiatan Workshop program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA MTs 3 Rembang resmi ditutup oleh ketua KKM 3 Warsan. Penutupan kegiatan ini berlangsung di Karang Jahe, Desa Punjulharjo Rembang pada Rabu (24/11/21).

Dalam sambutannya, Warsan menyampaikan harapannya semoga kegiatan MGMP dapat menjadi wahana untuk bagi-bagi ilmu dan silaturahmi, MGMP dapat dijadikan fasilitator untuk bisa mendapatkan prestasi.

“Setelah giat ini ditutup, jangan sampai berhenti, tetapi tetap untuk terus menimba ilmu dan berkelanjutan, kami juga berharap agar guru-guru lebih kreatif, inovatif terhadap anak didik dan anak bangsa,” tutur Warsan

Sementara itu pengawas Tasi’ah Choiriyah mengungkapkan, kegiatan Workshop program PKB sudah berjalan sesuai dengan ketentuan, kedepan kalau bisa kegiatannya dapat di dokumentasikan via Youtube atau jejak digital.

“Kegiatan jangan sampai berhenti di sini, tapi ada tindak lanjutnya, long life education atau belajar sepanjang hayat,” Imbuhnya.

Dia mengharapkan idealnya guru harus punya kiat-kiat untuk ice breaking untuk memecah dan membuat anak enjoy, nyaman dan terapkan metode anak yang aktive learning, jangan hanya metode ceramah saja. Implementasiakn metode Mikir (mengamati, interaksi, mengalami, komunikasi, refleksi).

Endah Sulistyowati selaku ketua Pokja MGMP IPA 3, saat sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada tamu undangan dan peserta, kemudiaan ia memaparkan pelaksanaan kegiatan IN (in service learning) dan ON (on service learning) MGMP IPA 3 Rembang sudah berjalan dengan lancar dan dari awal hingga akhir diikuti dengan penuh semangat, antusias dengan minat tinggi dari para peserta.

“Ada 7 kegiatan dengan rincian ada 5 kegiatan IN dan 2 kegiatan ON, materinya terdiri dari kelas 8 dan kelas 9 yaitu materi sistem pencernaan dan kelistrikan dengan jumlah 32 jam pelajaran dan kegiatan workshop juga kita publish ke web kemenag jateng,” Imbuhnya

Endah menambahkan sebelum penutupan diawali dengan kegiatan IN ke 5, dengan materi Listrik Statis dan listrik Dinamis, teknisnya tiap-tiap kelompok mempresentasikan kegiatan ON yang dilakukan di sekolah masing- masing, di mana anggota MGMP IPA 3 Rembang sebanyak 24 orang di bagi menjadi 8 kelompok ON dan semuanya presentasi kegiatan On disekolah masing-masing dengan menyiapkan Desain, LKPD, Kisi-kisi, RPP dan lain-lain, lalu diakhiri dengan post test dan RTL (rencana tindak lanjut).

Siti Anisah salah satu peserta dari MTs N 3 Rembang saat diwawancarai mengungkapkan pengalamannya yaitu kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk menghadapi peserta didik kita dan semoga kedepannya kita dapat lebih kreatif, inovatif dalam pembelajaran di masing-masing Madrasah.
(dwieq)