Jateng Selesaikan Simulasi CAT Petugas Haji

Semarang (PHU) – Pelaksanaan tes rekrutmen calon petugas haji tahun 1439 H/ 2018 M tahap kedua akan segera digelar. Tahun ini, sistem seleksi petugas haji menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sebagai metode tes kompetensi dengan alat bantu smartphone berbasis android untuk mendapatkan standar kompetensi dalam rekrutmen petugas haji. Salah satu tujuannya yaitu mempercepat proses hasil ujian dan menciptakan standarisasi penilaian tes petugas haji.

Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melaksanakan simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam acara rapat koordinasi persiapan rekrutmen petugas haji tahap kedua.

Sebanyak 60 peserta hadir dalam rapat koordinasi tersebut. Di akhir acara seluruh peserta melakukan simulasi CAT tes petugas haji. Kegiatan simulasi dilaksanakan di Aula Lantai II Bidang PHU, dengan melibatkan peserta yang lulus seleksi administrasi tahap kedua di lingkungan Kanwil. Beberapa diantaranya juga turut hadir peserta dari Ormas Islam, Perguruan Tinggi Islam, pondok pesantren dan instansi terkait.

“Rencananya untuk simulasi bagi peserta Kabupaten dan Kota akan dilaksanakan secara serentak besok pada hari Jum'at tanggal 6 April 2018 pada masing-masing Kankemenag Kabupaten Kota,” terang Sholikhin selaku Kepala Bidang PHU usai membuka rapat koordinasi, Kamis (05/04).

Sholikhin, mengatakan bahwa simulasi CAT ini berlangsung satu hari. Apabila nanti diperlukan bantuan terkait teknis pendaftaran online, tim Kanwil siap untuk melakukan pendampingan.

Seluruh peserta yang hadir mengikuti dengan seksama terkait teknis pendaftaran online petugas haji, karena ingin mengetahui alurnya dari registrasi secara online ampai dengan sejauh mana kemampuan mereka dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh aplikasi  dalam tes kompetensi dengan Computer Assisted Test (CAT) petugas haji.

“Setelah tanggal 6 April 2018 seluruh peserta bisa melakukan registrasi online melalui web https://www.petugashaji.id,” tambahnya. (djs/gt)