Jelang Akhir Semester, Kemenag Gencar Sosialisasi Rapor Digital

Rembang – Menjelang akhir semester, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang gencar mengadakan sosialisasi Aplikasi Rapor Digital (ARD). Untuk Tahun ini, berdasarkan surat edaran dari Kemenag RI, penilaian pembelajaran siswa dilakukan secara online (digital).

Sosialisasi dilakukan secara bertahap, yaitu kepada operator MTS, MI, dan MA. Sosialisasi kepada operator MTs diadakan pada Kamis (22/11/2018) di aula Kankemenag Kabupaten Rembang. Pada awal sosialiasi ini, dihadiri oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah, Kasi Pendidikan Madrasah, Jasim, dan pengawas madrasah.

Dalam sambutan arahannya, Atho’illah mengatakan, Aplikasi Rapor Digital merupakan aplikasi baru untuk peserta didik yang menggunakan kurikulum 2013. Atho’illah mengatakan, pemberlakukan ARD ini dilakukan secara serentak di semua madrasah di bawah naungan Kemenag. Sehingga, data yang diisikan harus valid.

Sementara Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Rembang, Jasim mengatakan, ARD yang merupakan program pemerintah ini harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Apabila operator madrasah merasa kesulitan, operator bisa berkoordinasi dengan operator Kankemenag.

“Pengawas madrasah kami minta bisa mendampingi agar program ARD ini berjalan dengan lancar,” pinta Jasim.

Aplikasi ini melibatkan operator sebagai petugas yang menginput database. Pengisian ini melibatkan wali kelas dan guru mapel nilai ulangan harian maupun ujian, serta remidi. Pengisian ARD ini bisa dilakukan melalui situs sikurma@kemenag.go.id. —iq/bd