Jelang Armina, Jemaah Haji Diminta Istirahat Total

Makkah– Menjelang pelaksanaan ibadah di Arofah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), jemaah haji asal Indonesia diminta untuk beristirahat total. Jemaah tidak diperkenankan ke harom untuk menjaga stamina diri, hingga berangkat menuju Armina, besok (17/8/2018).

Sebagaimana yang dilaporkan oleh petugas haji dari Rembang, M. Afiq, hari ini (16/8/2018), seluruh jemaah haji asal Indonesia, utamanya Rembang tengah beristirahat di maktab masing-masing. Hal tersebut sesuai dengan himbauan Amirul Hajj Indonesia, yaitu KH Masduqi Baidlowi dalam rapat koordinasi jemaah haji Indonesia yang diadakan di musholla hotel 1103 Al Wihdah.

KH Masduqi berpesan kepada jemaah untuk membersihkan hati dari segala kesalahan. “Sebelum berangkat ke armina, kita harus bersih diri dari segala dosa terhadap keluarga, teman, saudara, dan handai taulan,” ujarnya.

Selain itu, KH Masduqi mengingatkan kepada jemaah untuk menghindari ibadah yang berlebihan jika pada akhirnya akan menyakiit diri sendiri, orang lain, atau jemaah lainnya.

KH Masduqi mengharapkan ada kematangan jiwa pada diri jemaah, sehingga sepulang di tanah air, akan menjadi haji yang mabrur. “Kita harus menjaga kematangan jiwa dalam memaknai haji, kemudian menjaga kemabruran haji setelah sampai di rumah,” pesannya.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Konsultan haji, dr. Muhtar. Beliau berpesan kepada jemaah haji agar menjaga hubungan yang baik dengan sesama jemaah. “Semua jamaah wajib menjaga pertemanan, persaudaraan, dan menjunjung tingggi nilai dan etika keindonesiaan,” ujarnya.

M. Afiq mengatakan, jemaah haji akan melaksanakan ibadah di Armina pada Senin (20/8/2018) pukul 08.30 Waktu Arab Saudi.– iq/bd