Jelang KSM, madrasah kebut persiapkan peserta

Rembang—Sejumlah madrasah tengah mempersiapkan diri mengikuti penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) akan dilaksanakan Selasa (25/4) depan di MTsN Lasem. Sejumlah peserta yang akan berpacu dalam kompetisi ini digembleng sedemikian rupa agar mendapatkan prestasi di ajang sejenis Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar oleh Mendikbud.

Salah satu persiapan dilakukan oleh MAN Rembang. Kepala MAN Rembang, Muhammad Yunus Anis mengatakan, seluruh peserta KSM dari MAN Rembang sudah didaftarkan Waka Kurikulum jauh-jauh hari sebelumnya di Kemenag. “Kami harap seluruh anak didik kami bisa berkompetisi dengan penuh sportivitas dan maksimal dalam mengerjakan soal”, tandas Anis.

Puji Surtiningsih selaku Waka Kurikulum sekaligus guru pembina KSM mata pelajaran biologi mengaku, seluruh guru pembina KSM yang ada di MAN Rembang telah memberikan kiat khusus dalam mengerjakan soal.

“Bimbingan rutin kami lakukan hampir setiap hari selama hampir 1 bulan dengan harapan seluruh anak didik kami bisa mewakili Kabupaten Rembang dalam KSM tingkat Provinsi”, ujar Puji.

Hal senada juga diungkapkan oleh Baherta Rachmatika, salah seorang peserta KSM mata pelajaran Kimia. Ia berharap, bisa maksimal dan mendapatkan juara 1 di bidang lomba ang diikutinya. “Demikian juga untuk temen-teman lain, semoga mendapatkan hasil terbai dalam kompetisi ini, “ katanya.

Sebagaimana diberitakan, Kompetisi Sains Madrasah tingkat MI, MTs, dan MA tingkat Kabupaten Rembang tahun ini akan digelar secara mandiri. Rencananya, KSM ini akan digelar secara serentak se-Karisedenan Pati.

KSM ini akan digelar dengan pembiayaan sendiri. Hal ini karena ketiadaaan anggaran di DIPA untuk penyelenggaraan KSM. Dengan sistem mandiri ini, setiap peserta yang ikut KSM memberikan kontribusi sebesar Rp 30 ribu untuk kebutuhan pengadaan soal dan akomodasi.

“Setiap sekolah berhak mengirimkan siswa sebanyak-banyaknya. Karena pelaksanaanya mandiri, kami tidak membatasi jumlah siswa yang ikut KSM ini,” kata Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Jasim.

Adapun materi pelajaran yang dilombakan yaitu Matematika untuk tingkat MI, Matematika, Biologi, dan Fisika untuk tingkat MTs, dan Matematika, Fisika, Biologi, Ekonomi, dan Geografi untuk tingkat MA. Masing-masing pelajaran akan dikombinasikan dengan soal mata pelajaran Agama Islam  (tj/ss/bd)