Jelang USBN, Siswa MIN 1 Banyumas Sungkem Orang Tua

Purwakerto – Menjelang USBN Tahun Pelajaran 2017/2018 yang akan diselenggarakan pada 3 -5 Mei mendatang, MIN 1 Banyumas menyelenggarakan doa bersama di Mushola An Nur kampus 2 madrasah tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan kekuatan batin bagi siswa kelas 6 yang akan mengikuti ujian.

“Anak-anak perlu kekuatan lahir batin untuk menghadapi ujian. Doa kita bersama akan menguatkan mental mereka,” ujar Kepala MIN 1 Banyumas, Sabar Munanto usai memimpin doa.

Menurut Sabar, siswa kelas 6 telah menjalani persiapan yang cukup panjang sejak setahun yang lalu dengan model menginap di asrama. Selain belajar kisi-kisi ujian, di asrama juga belajar disiplin dalam beribadah baik sholat wajib lima waktu, shalat sunah duha dan tahajud, maupun hafalan surat-surat pilihan. Selain itu, hidup bersama guru dan teman-teman 24 jam penuh selama setahun juga memberikan kesan yang mendalam. Kebersamaan telah membentuk jiwa saling menghormati, menyayangi, dan toleransi yang tinggi dalam diri siswa.

Usai doa, para siswa melakukan sungkeman untuk meminta maaf dan mohon doa restu kepada orang tua dan guru. Suasanapun menjadi haru biru dengan isak tangis siswa, guru, dan orang tua. Namun dalam jiwa mereka punya keyakinan penuh untuk meraih prestasi terbaik dalam USBN. (ak/bd)