KakanKemenag : Evaluasi Sangat Diperlukan Guna Koreksi Penyelenggaraan Haji Tahun Depan

Tegal-Evaluasi Penyelenggaraan Haji terus dilaksanakan setiap tahun usai penyelenggaraan haji berakhir, hal tersebut dilakukan dalam rangka menuju pelayanan prima bagi seluruh jamaah, baik pelayanan yang menyangkut ritual pelaksanaan haji yang berhubungan dengan Allah (Habluminallah) maupun hubungan kita dengan sesama manusia (Habluminanas), seperti yang disampaikan oleh KakanKemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan dalam acara Rakor Evaluasi Penyelenggaraan Haji 1439 H/2018 M, Rabu (12/09) di Aula Kantor

Menurut Akhmad Farkhan, dengan melihat kinerja seluruh Panitia Penyelenggaraan Haji yang sangat maksimal, Beliau merasa puas, karena pelayanan haji setiap tahun selalu ada peningkatan, tentu dengan catatan bahwa pelayanan tiap tahun harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

Penyelenggaraan haji tahun ini secara umum juga dirasakan kepuasanya oleh seluruh jamaah, namun evaluasi tetap harus dilaksanakan guna koreksi penyelenggaraan haji tahun depan,“ kata Farkhan.

Beliau berpesan “khusus kepada seluruh panitia baik dari jajaran Pemerintah Kota, Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, Keamanan dari kepolisian maupun Satpol PP dan semua yang terlibat dalam kepanitiaan terus membenahi semua kekurangan dalam rangka pelayanan yang lebih baik kepada jamaah.

Sesuai konteks hadits Rasulullah, “ bahwa orang mu’min yang mampu meringkankan beban orang mu’min lainnya, termasuk juga dalam urusan pelaksanaan haji, maka orang tersebut akan diringankan oleh Allah SWT baik dalam urusan dunia maupun akhirat. Kedepan kita harus punya prinsip, ringankanlah beban seluruh jamaah haji“pungkas Farkhan. (IM)