Kakankemenag Kab. Blora Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Santri di Ponpes An Nur

Blora – Sebanyak 300 santri di Kabupaten Blora mendapatkan vaksinasi dosis pertama dalam program Gerakan Pesantren Jateng Vaksin Serentak yang digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut berpusat di Pondok Pesantren Al Fattah, Setinggil, Bintoro, Demak ditayangkan secara live melalui platform zoom dan kanal Youtube Kemenag Jateng. Hadir dalam acara tersebut secara virtual Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jateng H. Taj Yasin Maimun, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng H. Musta’in Ahmad serta jajaran pejabat Kemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah dan jajaran Forkompinda se-Jawa Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Kakankemenag Kab. Blora, M. Kafit didampingi Kasi PD Pontren Mustaqim dan Pengasuh PP An Nur Seren turut hadir dalam zoom meeting tersebut. Sejalan dengan pelaksanaan vaksinasi serentak se-Jawa Tengah, Kakankemenag melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi santri Kabupaten Blora yang dilaksanakan di PP An Nur Seren pada Kamis (2/9).

Pada acara tersebut, M. Kafit berkesempatan melaporkan kegiatan vaksin di Kabupaten Blora kepada Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad dengan berdialog melalui platform zoom.

“Untuk Kabupaten Blora Pak, Alhamdulillah ada 67 Pondok Pesantren. Alhamdulillah 44 Ponpes sudah divaksin oleh Dinkes Kab. Blora, dari Ustadz yang sudah vaksin 626, santri yang sudah vaksin 2311, dan ditambah hari ini vaksin santri sebanyak 300 santri dan ustadz secara serentak yang dilaksanakan oleh Jawa Tengah.” tutur M. Kafit.

Lebih lanjut pada laporannya, ia mengucapkan terima kasih atas arahan dan support dari Pak Kakanwil Kemenag dan Gubernur Jateng sehingga dapat berkoordinasi dengan Bupati dan Dinkes Blora sehingga dapat melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Kab. Blora pada 2 September 2021 serempak se-Jawa Tengah.

Ketika ditanyai oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad terkait kendala pelaksanaan vaksin di Blora, M. Kafit menjawab, vaksinasi santri berjalan lancar tanpa ada kendala.

Perlu diketahui Gerakan Pesantren Jateng Serentak Vaksin merupakan upaya untuk meningkatkan herd immunity di lingkungan pondok pesantren. Kegiatan ini menargetkan sepuluh ribu kyai, ustadz/ustadzah dan santri di Jawa Tengah dan akan berkelanjutan sesuai ketersediaan vaksin. Dimana dosis vaksin tersebut ditujukan untuk ponpes di 35 titik di Jawa Tengah.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren An Nur Seren, Banjarejo, K. H. Ali Muchdlor, M.Pd.I mengucapkan terima kasih atas kuota vaksin yang telah diterima untuk ponpesnya. Ia berkata bahwa sebelum melaksanakan vaksinasi, santri dari pesantren sudah meminta persetujuan dari orang tua wali.

“Santri sebelum vaksin hari ini sudah meminta izin terlebih dahulu ke orang tua masing-masing. Ada surat pernyataan yang ditandatangani.” kata Ali

Dengan adanya vaksinasi tersebut salah satu peserta vaksinasi, Retno Mulyaningrum mengaku senang dan bersyukur bisa mengikuti vaksinasi santri ini. “Alhamdulillah, biar sehat, biar imunnya kuat.” kata Retno (nn/rf)