Kakanwil : Pengelolaan Menajemen Madrasah Ditingkatkan

Grobogan – Usai mengikuti upacara bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan di Kabupaten Grobogan, tepatnya di Desa Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon (02/05), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani sempatkan membina madrasah di Kabupaten Grobogan.

Dihadapan kelompok kerja madrasah (KKM) Kabupaten Grobogan, Farhani menghimbau kepada kepala madrasah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kedisiplinan dalam bekerja. “Jadilah contoh atau teladan yang baik bagi murid-murid kita di madrasah,” pinta Farhani.

Kepada kepala madrasah Farhani mengharapkan agar manajemen pendidikan di madrasah untuk terus ditingkatkan. “Tanpa manajemen yang bagus, mustahil madrasah akan berkembang dan bermutu,’’ katanya.

Farhani menjelaskan meski terpaut anggaran yang cukup jauh dengan Kementerian Pendidikan, komitmen Kementerian Agama untuk memajukan pendidikan madrasah tidaklah surut. “Dan alhamdulillah prestasi demi prestasi madrasah dapat membuktikan bahwa madrasah juga unggul dalam mencerdaskan anak bangsa. Dan dalam pengumuman hasil ujian SMK/MA nilai tertinggi di Jawa Tengah diraih oleh siswa MAN 2 Kudus,” ungkapnya.

Dalam kesempatan pembinaan yang diselenggarakan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Grobogan tersebut Farhani juga menyinggung masalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tidak memungut biaya pendaftaran. “Kami harapkan madrasah tidak memungut biaya dalam perekrutan siswa baru karena hal semacam itu termasuk pungutan liar yang dilarang oleh negara dan ada sanksinya,” tegasnya.

Selain menghadiri upacara peringatan Hardiknas dan melaksanakan pembinaan madrasah, dalam kesempatan tersebut Farhani juga melakukan monitoring UNBK/UNKP di madrasah tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Grobogan. (bd-pr/gt)