Kanwil Kemenag Prov. Jateng Terima Penghargaan USAID

Semarang (Penma) – Tim USAID PRIORITAS (Prioritizing Reform, Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students) Jawa Tengah mendatangi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah  di Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang, Selasa siang (16/5). Tim yang diwakili oleh Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Jawa Tengah, Nurkholis diterima pukul 13.30 WIB oleh Kabag Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Suhersi dan didampingi Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah, Siti Mutmainah dan Kasi Kurikulum dan Evaluasi, Nur Abadi.

Kedatangan Tim USAID PRIORITAS ini berkaitan dengan telah berakhirnya Program USAID PRIORITAS. Pada kesempatan itu Nurkholis menyampaikan piagam penghargaan kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah sebagai Mitra dalam Meningkatkan Akses Pendidikan Dasar yang Berkualitas dalam Pembelajaran, Manajemen Berbasis Sekolah dan Budaya Baca. Piagam Penghargaan diterima langsung oleh Kabag Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Nurkholis mengatakan bahwa kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan USAID PRIORITAS sudah berjalan selama 5 tahun sejak tahun 2012, tahun ini adalah tahun terakhir pelaksanaan program dan telah berakhir pada 30 April yang lalu.

“Penutupan Program USAID PRIORITAS secara resmi telah dilaksanakan pada Selasa (9/5) lalu di Balemong Gallery Resort & Convention, Ungaran Semarang”, kata Nurkholis.

Lebih lanjut Nurkholis berharap kegiatan-kegiatan USAID PRIORITAS yang mengambil sasaran 15 Kabupaten di Jawa Tengah (Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kudus, Purworejo, Batang, Banjarnegara, Purbalingga, Semarang, Sragen, Pekalongan, dan Wonosobo) dapat diseminasikan, dikembangkan dan ditindaklanjuti.

Pengembangan lebih lanjut diantaranya tentang ragam metodologi pembelajaran, bahan-bahan pengajaran, pengembangan teknik supervisi untuk kepala sekolah/madrasah dan guru berbasis kinerja, praktik-praktik pengelolaan sekolah/madrasah yang melibatkan partisipasi masyarakat, penguatan dan pengembangan budaya baca, penguatan KKG dan MGMP yang berbasis pada konten dan regulasi, dan keterlibatan universitas dalam memberikan pendampingan dan menjada dampak program agar terus terpelihara.

Sementara itu Kabag TU Kanwil Kemenag Jateng, Suhersi menyampaikan terima kasih atas partisipasi USAID PRIORITAS dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Dikatakan oleh Suhersi bahwa program-program USAID PRIORITAS sangat bermanfaat dan dapat dirasakan langsung oleh madrasah.

“Manfaat itu banyak dirasakan oleh warga madrasah terutama para guru sehingga dapat meningkat kompetensinya dan meraih prestasi di beberapa kompetisi”, tutur Suhersi. [asym/Wul]