Respon Wacana Menteri Agama, Kemenag Pati Gelar Bimtek Penyelesaian Paspor Lebih Awal

Pati – Dalam rangka persiapan penyelenggaraan haji Tahun 1440 H / 2019 M, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis penyelesaian paspor bagi jemaah calon haji Kab Pati Tahun 1440 H / 2019 M.

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Sabtu – Ahad tanggal 3 – 4 November 2018 ini diselenggarakan di Auditorium Kantor Kemenag Kab Pati.

Kepala seksi Penyelenggara Haji dan umroh (PHU) Abdul Khamid mengatakan, Sesuai data yang diterima dari siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu) Kanwil Kemenag Prov. Jateng, untuk sementara baru dipanggil 1.084 jemaah. “Akan tetapi data ini masih mungkin bertambah sesuai jumlah pembatalan jemaah di provinsi Jawa Tengah, baik pembatalan karena wafat, sakit, atau alasan lainnya yang sah”. ujarnya.

Bimbingan penyelesaian paspor ini dilakukan sebagai kegiatan awal sebelum jemaah datang ke kantor imigrasi untuk melakukan foto dan sidik jari biometrik. Rangkaian kegiatan bimbingan meliputi : panduan pengisian formulir perdim-11, pengumpulan dan cheking berkas, serta validasi data identitas jemaah, paparnya.

Menurut Khamid, setelah jemaah mengikuti kegiatan bimbingan, petugas seksi PHU akan melakukan verifikasi data jemaah. “Ditargetkan dalam dua minggu verifikasi terhadap 1.084 jemaah ini bisa diselesaikan, sehingga mulai minggu ketiga bulan november 2018 secara bertahap calon haji sudah bisa datang ke kantor imigrasi untuk penyelesaian paspor”, jelas Khamid.

Seksi PHU sudah melakukan koordinasi dan kesepakatan dengan kantor imigrasi Pati, bahwa untuk pengambilan foto dan sidik jari biometrik akan dilakukan mulai minggu ketiga bulan november 2018, imbuhnya.

Kegiatan bimbingan penyelesaian paspor ini dilakukan lebih awal dibanding tahun tahun sebelumnya sebagai respon atas wacana yang digulirkan Menteri Agama yang menghendaki pelunasan BPIH akan dilaksanakan lebih awal dibanding tahun sebelumnya, tegas Kasi PHU Kankemenag Kab. Pati. (Am)